Ini Sejarah Helm Bonus Honda dari 1985 Sampai Sekarang

0
5302
helm bonus Honda
Honda mulai memberikan helm bonus ke konsumen sejak tahun 1985. Foto: Bukalapak.com

NaikMotor – Riding gear seperti helm menjadi perlengkapan bonus standar ketika membeli motor baru di diler. Khusus untuk helm bonus Honda ternyata mulai memberikannya secara  cuma-cuma ke konsumen sejak tahun 1985.

Namun kala itu agen pemegang merek Honda yang masih bernama PT Federal Motor belum memberikan helm gratis ke konsumen. Helm bonus Honda yang dibagikan masih terbatas untuk model bebek seperti Astrea Star dan turunannya.

Helm Bonus Honda
Helm Honda GL-Series. Foto: Bukalapak.com

“Sejak tahun 1985 hingga tahun 1990-an helm bonus Honda mulai diberikan, namun belum memenuhi semua line up model saat itu. Saat itu diutamakan untuk model cub saja,” kata Ahmad Muhibbuddin, GM Corporate Communication AHM.

Kebijakan memberikan helm gratis ke semua model yang dijual baru direalisasikan pada medio 90-an. Kala itu pemerintah memang mulai gencar memberikan penyuluhan pentingnya memakai helm.

helm bonus honda
Helm Honda NS-X Series. Foto: Bukalapak.com

“Lalu memasuki pertengahan tahun 1990-an hingga tahun 2000 kami mulai memberikan bonus helm kepada semua tipe motor, yaitu helm half face tipe NSX,” jelas Muhib.

Setelah tipe NSX, di pergantian milenial Honda kemudian membuat helm bonus yang hingga kini masih dipakai yakni TRX-Series. Helm ini merupakan helm bonusan Honda paling popular yang eksis sejak tahun 2000.

helm bonus honda
Helm Honda TRX. Foto: Bukalapak.com

Saat itu helm bonus Honda diberikan dengan kode TRX-1, modelnya cuma satu dan dipakai untuk semua jenis motor mulai dari bebek sampai sport. Berlanjut ke TRX-2 dari tahun 2005-2007 dengan model full face robot. Sedangkan TRX-3 mulai tahun 2007-sekarang (half face) dan TRX-R juga mulai tahun 2007-sekarang (full face).

Saat ini ada 3 tipe helm TRX-Series yang diberikan ke konsumen saat membeli motor baru yakni TRX-3, TRX-R dan TRX-S. Ketiga model ini dipakai untuk semua model yang dijual, meski ada sidikit perbedaan di tiap tipe.

helm bonus honda
Helm Honda TRX-3. Foto: Istimewa

“TRX-3 di desain lebih universal agar bisa digunakan untuk beberapa model di tipe skutik. TRX-R di desain lebih general khusus untuk model sport. Sedangkan TRX-S khusus dibuat untuk menambah value pada Honda Scoopy,” kata Muhib.(Agl/nm)

helm bonus honda
Helm Honda TRX-R milik CBR

LEAVE A REPLY

*