Motor Jawa Akan Dilengkapi Cakram Ganda dan ABS, Harga Naik 2019

0
376
Jawa dengan Cakram Ganda dan ABS Dua Kanal
Jawa Classic akan dilengkapi dengan Cakram Ganda dan ABS Dua Kanal tahun depan. Foto: Jawa

NaikMotor – Meski baru diluncurkan ternyata sudah akan ditambah fitur lebih mumpuni. Jawa dengan cakram ganda dan ABS dua kanal itu akan diperkenalkan tahun depan.

Jawa yang kini diproduksi Classic Legends Pvt, Ltd, anak perusahaan Mahindra India memang baru dikuncurkan pertengahan November 2018. Saat itu Jawa (Classic) dan Jawa 42 baru dilengkapi cakram di roda depan dan ABS single channel. Tetapi rencananya, pertengahan 2019 akan dihadirkan Jawa dengan cakram ganda dan ABS dua kanal.

Sebenarnya pun itu langkah antisipasi Mahindra, pasalnya di India akan ada kewajiban untuk melengkapi motor 125 cc ke atas baru dengan ABS per 1 April 2019. Sepertinya India mengikuti mandatory Uni Eropa yang mewajibkan hal serupa sejak tahun lalu.

Jawa dan Jawa 42 reinkarnasi saat diluncurkan dilengkapi dengan rem cakram 280mm di bagian depan dan ABS kanal tunggal serta drum 153 mm di bagian belakang. Jika dilengkapi cakram depan belakang dan ABS dua kanal, motor diklaim akan lebih baik pengeremannya. Sebab, ada dua sensor yang bekerja dan mencegah ban terkunci saat pengereman mendadak sekalipun.

Namun tentu saja, penerapan sistem rem cakram di kedua roda dan ABS dua kanal akan berimbas pada harga. Dikabarkan , harganya akan bertambah sekitar Rp3 jutaan. Saat ini harga di India, Jawa 42 sekitar Rp 31 jutaan, dan Jawa Rp 33 jutaan. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*