Ini Spesifikasi Jawa 300 yang Diluncurkan Classic Legends Mahindra di India

0
603
Spesifikasi Jawa 300
Tiga model Jawa diluncurkan oleh Anupam Thareja, Boman Irani, dan Anand Mahindra, bos Classic Legends PvT Ltd di India (15/11/2018). Foto:mahindra

NaikMotor – Jawa 300 yang diluncurkan Classic Legends Pvt, Ltd, pabrikan bentukan Mahindra Group mengacu pada model Jawa 250 Type A pada 170-an. Berikut spesifikasi Jawa 300 itu.

Jawa 300 diluncurkan bersama Jawa Forty Two model entry level Jawa 300 dengan sosok lebih moderen dan atraktif. Model lainnya Jawa Perak model bobber, custom pabrikan yang bermesin lebih besar. Jika spesifikasi Jawa 300 dan Jawa Forty Two sudah dipublikasikan lengkap dengan harganya, Jawa Perak baru akan diumumkan bulan depan.

Jawa 250 Type A 1970

Jawa (classic) itu telah memecah masa vakum selama 22 tahun. Jawa telah diambil alih pabrikan India bentukan Mahindra Group antara Anand Mahindra, entrepreneur Anupam Thareja dan pengusaha properti Boman Irani. Jawa diproduksi di Pithampur fasilitas produksi milik Mahindra di Madhya Pradesh, India.

Jawa bermodel retro didukung bentuk batok lampu utama yang bulat kelapa, fender dan tangki gembung identik dengan model Jawa pada 1970-an. Demikian dengan jok datar hingga pelindung rantainya yang old school. Untuk memperkuat kesan klasik beberapa bagian diberi aksen krom, dan warna seperti pendahulunya. Sedangkan Forty Two diberi sentuhan moderen seperti pilihan warna yang lebin terang, lampu utama bulat dan fender kompak serta spion bar-end.

Jawa Forty Two

Rangka Jawa bertipe double cradle yang menyangga mesinnya. Sementara itu knalpot gandanya bermodel pipa cangklong. Mesin silinder tunggal 293cc itu mampu menghasilkan 27 daya kuda dan 28Nm. Mesin diklaim berkarakter midrange dengan torsi kurva. Mesin sudah memenuhi standar emisi BS6 atau setara Euro6, berkat penempatan katalitik konverter.

Meski berbasis Mahindra Mojo tetapi mesin ternyata hanya memiliki sedikit kesamaan, seperti piston. Komponen lainnya berbeda. Ternyata pula mesin hasil pengembangan bersama R&D Mahindra di Pune India dan di Varese Italia. (Afid/nm)

Spesifikasi Jawa 300
Mesin silinder tunggal 4 langkah, DOHC, berpendinginan cairan
Kapasitas 293cc
Tenaga 27 daya kuda
Torsi 28Nm
Transmisi 6 percepatan manual, constant mesh
Kecepatan puncak 120 km/jam

Wheelbase 1.369mm
Tinggi jok 765mm
Berat 170 kg
Kapasitas tangki 14L

Suspensi depan: telescopic hydraulic , belakang: twin shickabsorber hydraulic spring
Rem depan: cakram 280mm dengan floating caliper, dengan ABS kanal tunggal, belakang 153mm tromol
Ukuran ban depan 90/90-18 dan belakang 120/80-17

Pilihan warna: Jawa classic: Grey, Maroon, dan Black, Jawa 42: Galactic Green, Halley Teal, Nebula Blue, Starlight Blue Lumos dan Comet Red.

Harga (di New Delhi India) sekitar Rp32,8 jutaan untuk Jawa (Classic) sementara Jawa Forty Two Rp31 jutaan.

LEAVE A REPLY

*