Reinkarnasi Motor Jawa Diluncurkan Mahindra, Harga Mulai Rp 31 Jutaan

0
3547

NaikMotor – Satu lagi brand sepeda motor legendaris dihadirkan dari Tanah Hindustan. Ya, reinkarnasi motor Jawa diluncurkan Mahindara di India hari ini, (15/11/018). Motor asal Ceko yang terkenal dengan mesin 2-tak tangguh di jaman dulu dipasarkan  dalam tiga tipe.

Setelah dua tahun rumornya merebak, akhirnya produk reinkarnasi motor Jawa diluncurkan Mahindra India dan diproduksi di bawah bendera Mahindra Classic Legends. Tidak tanggung-tanggung, Jawa dihadirkan langsung dalam 3 model yakni Jawa Classic sebagai tipe standar tanpa embel-embel nama, berikutnya Jawa Forty Two, dan tipe bobber yakni Jawa Perak.

Jawa Forty Two

Di antara ketiganya, hanya dua tipe yang memiliki dimensi sama yakni Jawa Classic dan Jawa Forty Two seperti tinggi jok sekitar 765mm dan berat 170kg. Keduanya mengusung mesin yang sama, 293 cc silinder tunggal 4 katup DOHC yang menghasilkan 27 daya kuda dan 30 Nm, transmisinya manual 6 percepatan. Sasis double cradle menyangga kedua mesin Jawa tersebut yang disinyalir diambil dari platform Mahindra Mojo 300. Namun, Mahindra Classic Legends menyebut tipe mesin tersebut sebagai rancangan baru.

Jawa (classic)

Suspensi depan kedua tipe Jawa tersebut mengaplikasi garpu teleskopik hidrolik unik, serta model twin shockabsorber coil spring di bagian belakang. Semuanya menggunakan ban ukuran 90/90-18 di depan dan belakang 120/80-17. Untuk sistem rem, di bagian depan menggunakan cakram diameter 280mm dengan ABS kanal tunggal, dan drum 153mm di belakang.Tangkinya sama kapasitasnya sekitar 14L.

Bila kedua tipe Jawa Classic dan Forty Two menggunakan mesin yang sama, lain halnya dengan Jawa Perak. Motor bergaya bobber ini mengusung mesin lebih besar berkapasitas 334cc, namun spesifikasi lainnya belum disebutkan.

Ketiga tipe reinkarnasi motor Jawa diluncurkan Mahindara siap menggoyang pasar retro dan dijual dengan harga cukup kompetitif di India, yakni mulai dari harga setara Rp31 jutaan untuk model standar, sedangkan Jawa Forty Two dibanderol Rp33 jutaan, dan Perak sekitar Rp38 jutaan. Pemesanan sudah dimulai untuk 2 model, Jawa dan Forty Two, sedangkan model Perak belum dikabarkan kapan dihadirkan di diler. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*