Kymco SuperNEX, Superbike Listrik dengan Girboks 6 Percepatan!

0
287
10 motor terbaik di EICMA
Kymco memperkenalkan motor konsep listrik baru mereka bernama SuperNEX di EICMA 2018. Foto: Car And Bike

NaikMotor – Kymco boleh saja identik sebagai produsen skuter, tapi merek asal Taiwan ini berhasil menggebrak EICMA, Milan 2018, dengan memperkenalkan motor konsep listrik baru mereka bernama Kymco SuperNEX.

Menjadi menarik lantaran yang diperkenalkan Kymco bukan skuter melainkan superbike. Kemudian meski berjantung elektrik, Kymco SuperNEX tetap bernuansa ‘motor batangan’ karena mengusung girboks 6 percepatan.

Tampilan Kymco SuperNEX sejatinya tidak terlalu istimewa, tapi ‘jeroan’ yang diusung yang membuatnya menarik. Sasisnya dari alumunium, pelek dari OZ, shockbreaker depan belakang Ohlins dan rem dari Brembo.

Kymco SuperNEX

Ban besutan Metzeler Racetec. Girboks 6 percepatan dan ada sistem audio yang dapat disetel. Di mana bunyian buatan mengikuti suara knalpot seperti di mesin bakar itu bisa diatur sesuai keinginan pengendara.

Girboks 6-percepatan di motor listrik memang jadi center point tersendiri. Kebanyakan motor listrik tidak memakai gigi karena motor listrik memiliki rentang operasi yang sangat luas, baik dalam kecepatan rendah atau tinggi.

Namun Kymco mengatakan bahwa mengganti persneling adalah bagian yang sangat penting di motor apalagi superbike. Cukup berani sebab Moto-E, motor listrik di kejuaraan Grand Prix mulai 2019 saja hanya memiliki satu percepatan.

Kymco SuperNEX

Bunyian artifisial juga teknologi maju tersendiri. Di Eropa kendaraan listrik mesti bersuara dengan alasan keselamatan pejalan kaki dan pengguna jalan lain, tapi hasilnya banyak suara buatan yang keluar justru menjengkelkan.

Hal itu coba diminimalisir Kymco dengan membuat bunyian mirip knalpot asli. Kymco menjulukinya sebagai SuperNEX A Active Acoustic Motor yang membuat suara buatan itu tidak hilang meski dikecepatan tinggi.

Belum ada bocoran spesifikasi soal motor listrik yang diusung, baik daya hingga kekuatannya. Sedikit bocoran dari pabrikan, Kymco SuperNEX diklaim dapat melesat dari 0-201 km/jam dalam waktu 7,5 detik.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*