The 29 from Kromworks Jadi The Best Kustom Bike Show Kustomfest 2018

0
Kromworks
The 29, garapan Andhika Pratama dari Kromworks menyabet gelar kustom Bike Show Kustomfest 2018. Foto: Istimewa

NaikMotor – Kromworks, rumah modifikasi dari bilangan Ciputat, Tangsel, kembali menyabet gelar The Best Kustom Bike Show Kustomfest 2018 lewat motor bertajuk ‘The 29.’ Ini merupakan kemenangan kedua setelah tahun lalu meraih gelar yang sama.

Lewat The 29, Andhika Pratama seolah membuktikan kerja keras dan ketelitian tak mungkin bisa dikesampingkan. Builder muda ini mencetak sejarah di Kustomfest dengan meraih dua gelar The Best Kustom Bike Show dua tahun berturut-turut.

Kromworks

“Penjurian sangat sengit, bahkan beberapa juri internasional sempat berdiskusi masuk aliran apakah ini, ada yang sepakat cafe racer, neo cafer racer, ada yang bilang boardtrack dan lain-lain. Tapi apalah artinya itu semua, yang penting karyanya luar biasa,” kata Lulut Wahyudi, Director Kustomfest saat pengumumkan pemenang.

Sama seperti karyanya yang lain semisal The Stone dan Tosan Adji, The 29 dibuat hand made. Mayoritas materialnya menggunakan stainless steel dengan bubuhan bahan lain seperti kuningan sebagai aksen.

Kromworks

“Temanya ialah cafe racer, tapi saya ingin buat cafe racer yang berbeda dari yang ada selama ini. Kita tahu selama ini cafe racer seperti apa, fairing, ban besar dan lainnya. Saya justru berusaha lepas dari pakem itu,” buka Andhika.

Keahlian pria kalem ini merancang motor bertema cafe racer memang sudah tidak diragukan lagi, tiga tahun lalu ia membuat cMatchless 1953 misalnya, juga pernah merebut yang terbaik di ajang Cafe Racer Day Kustomfest 2015.

Kromworks

Saat itu motor garapannya menang dipilih oleh Geoffrey Baldwin dari media Return of the Cafe Racers Australia. Serta mendapat Cherry’s Company’s Pick berupa helm yang diserahkan langsung oleh Koichiroh Kurosu.

Kromworks

Balik ke The 29, Andhika mengaku butuh waktu 6 bulan menyelesaikan motornya. Pengerjaannya ukup panjang sebab hampir tiap parts yang menempel hand made jadi perlu diperhatikan satu per satu.

“Selain interpretasi saya soal cafe racer, saya sengaja buat pakai basis H-D Softail Evolution buatan S&S, karena jarang cafe racer basisnya H-D. Motor ini ber-cc 1.500 (96 ci), jadi bisa bayangkan tenaganya seperti apa,” katanya.(Agl/nm)

Spesifikasi The 29:

– Engine Softail Evolution S&S 2015
– Gear box 5 speed (Stock)
– Frame: Handcrafted (Stainless steel)
– Fuel tank: Handcrafted (Stainless steel)
– Headlamp cover: Handcrafted (Stainless steel)
– Front suspension: Girder Handcrafted (Stainless steel)
– Seater: Handcrafted (Leather)
– Oil tank: Handcrafted (Stainless steel)
– Gas Cup: Handcrafted (Stainless steel)
– Head Lamp : Led (Custom)
– Exhaust : Handcrafted (Stainless steel)
– Foot control : Performance machine
– Brake : Performance machine
– Tyre : Shinko 130 /60 – 21(Front and rear)
– Rims : DNA 3.00 – 21 Inch

LEAVE A REPLY