Canggih, BMW Motorrad Ciptakan Otonomous Motorcycle

0
48
BMW Motorrad
Para insinyur di BMW Motorrad berhasil membuat motor otonom. Foto: Visordown

NaikMotor – Teknologi mobil yang bisa berjalan sendiri atau swakemudi bukan hal yang asing, namun teknologi serupa masih ketinggalan di motor. Alasannya motor cuma punya dua roda.

Namun kini para insinyur di BMW Motorrad berhasil membuat motor otonom atau disebut otonomous motorcycle. Dengan teknologi ini motor bisa berjalan sendiri dan mengendalikan dirinya.

Teknologi ini dikembangkan selama dua tahun. Untuk percobaan BMW Motorrad memakaikan teknologi ini ke BMW R1200 GS dan dipertontonkan di BMW Motorrad Techday 2018, Miramas, Perancis.

Dalam demonstrasi yang dilakukan, motor adventure paling ikonik pabrikan Jerman itu dapat berjalan sendiri, mengambil jalur, sedikit meliuk, berjalan lebih cepat, melambat dan berhenti tanpa pengendara.

BMW Motorrad

BMW mengatakan teknologi driveless di motor masih sangat tertinggal dibandingkan mobil. Upaya mereka ini untuk mengejar ketertinggalan tersebut, namun bukan berarti bakal meluncur secepatnya.

Stefan Hans, safety engineer dari BMW Motorrad mengatakan pengembangan teknologi otonomous motorcycle ini untuk memperlihatkan kemajuan sistem dan fungsi keselamatan sepeda motor lebih jauh.

“Setelah menilai sebuah situasi yang dilalui, motor bisa memberikan beberapa informasi penting seperti memperingatkan hingga intervensi langsung ke pengemudi, jadi mencegah adanya kecelakaan,” katanya.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*