Sekepal Aspal 2018: Subyektif, Ajak Tetap Gelisah dan Ingin Tumbuh Organik

0
131
Sekepal Aspal 2018
Sekepal Aspal Indonesia Motoart Exhibition 2018. Foto: Arif

NaikMotor – Pameran dengan konsep menggabungkan parade karya motor custom dengan artwork berbungkus layout khusus, Sekepal Aspal Indonesia Motoart Exhibition (SAIME) 2018 sudah memasuki tahun keenam. Tahun ini Sekepal Aspal 2018 mengambil venue di CIBIS Business Park Cilandak, (4/8/2018). Apa yang menariknya?

Menurut Sammy Bramantyo, Creative Director Sekepal Aspal 2018, event ini ingin memberikan imbas lebih luas kepada kepada orang-orang yang terlibat dalam di dunia roda dua di Indonesia, salah satunya kepada dunia seni dan custom motor.

“ Soal pemilihan motor yang didisplay kita akui masih subyektif dari hubungan baik dengan para builder dan penggiat seni yang tentunya menyesuaikan dengan kondisi pasar. Kita tahun ini mengambil lokasi lebih luas dan membutuhkan konsep baru sehingga kembali berkolaborasi dengan ONX Idea Studio, untuk lebih jauh mengeksplor ranah seni rupa kontemporer dan memadukannya dengan budaya roda dua,” bebernya.

Mengikuti perkembangannya, Sekepal Aspal 2018 lebih terasa hangat baik secara kuantitas maupun kualitas konten yang disuguhkan. Coba saja lihat dari sponsor yang ikut mulai Bold Xperience serta  Moto Guzzi, Kawasaki Motor Indonesia, Astra Motor, Bintang, FMC Speed Supply dan Von Dutch Indonesia.

Keseruan terlihat di booth FMC Speed Supply yang ramai diserbu pengunjung karena saat itu menggelar diskon pembelian sampai 50 persen, belum lagi kehadiran ambassador-nya seperti Tora Sudiro. Mereka memajng koleksi helm Beetle serta apparel lainnya termasuk model terbarunya.

 Area skateboard, ruang pamer motor custom dan karya seni yang dirancang khusus sangat terasa ambience-nya, sehingga membuat berbeda menikmatinya ketimbang event-event lain.

“Saya juga berpikir keras dan benar-benar matang mempersiapkannya, bagaimana motor bisa dipajang dan tetap kuat di atas kemudian di forklift hingga penataan cahayanya,” sebut Ronny Onik Rahardian dari ONX Idea Studio.

Bisa dibilang, perjalanan selama enam tahun ini, menjadikan Sekepal Aspal salah satu aset kebanggaan ibukota yang tampil dengan gaya khasnya, mengangkat sendi gaya hidup pemotor yang ‘nakal’ tapi santun. Mulai petinggi brand motor, selebritis, musisi dan penggiat roda dua lainnya hadir di tengah keriuhan acara. Sayang, keriaannya cuma bisa dinikmati satu hari.

Sekepal Aspal 2018 mengangkat kurang lebih dari 22 perupa lokal multidisiplin  dengan media yang beragam. Sementara dari para penggiat motor, tampil sekitar 40 motor dari 30 builder/garage lintas generasi dari penjuru Indonesia. Dari ujung paling barat Indonesia diwakili oleh MAAS Motorcycle, Batam dan dari ujung timur oleh Zambrag Garage dan Backyard Customs, Bali.

“Melalui SAIME ini, kita ingin dunia karya custom tumbuh organik dan merata ke seluruh Indonesia, karena itu kita mengajak builder dari daerah untuk bisa unjuk gigi membawa pesan dari karyanya,” tambah Rizky Mandra dari Sekepal Aspal.

Selain Roby Dwiantono, seniman lokal asal Jogjakarta ada pula Satria NB, vokalis Pure Saturday yang membawa karya hasil goresan tangannya.”Saya diajakin Wira (Sekepal Aspal) untuk membawa karya dan ditampilkan di sini. Seru acaranya,” komentar Iyo, panggilan akrabnya.

“ Dalam kesempatan ini juga kami ingin kembali mengajak teman-teman sesama penikmat dan penggiat roda dunia di Indonesia untuk stay true, tetap berbeda,tetap gelisah, dan tetap “memberontak”, dan tentu saja tidak lupa untuk tetap bersenang-senang di saat melakukannya,” tulis SAIME dalam rilisnya.

Sebuah ajakan yang menantang orang-orang untuk tidak terlena dalam zona nyaman,selalu berpikir untuk berkarya dan tetap gembira. (Arif/nm)

LIST EXHIBITOR SAIME18 – Bikes/Garage

  1. MAAS Motorcycle
  2. Supernaut Cycle
  3. Darizt Design
  4. Rizqilembinc
  5. Tjap Macan
  6. Kickass Choppers
  7. NyamNyam Kustom
  8. Flying Piston Garage
  9. Lawless Garage
  10. EvoCycleWorks
  11. Bimo Custom Bikes
  12. Kromworks
  13. Queen Lekha Choppers
  14. Thrive Motorcycle
  15. Retrogrades Slaughter House
  16. Dasa “Hazawude” Gandjar
  17. StoneHead Choppers
  18. Puspa Kediri Custom
  19. Zambrag Garage
  20. Tole Motorworks
  21. Brew Garage
  22. Ape Kustom Choppers
  23. Circus Local Custom
  24. Coba Coba Custom
  25. Brenk Motorcyclops
  26. CoffeeGasoline Garage
  27. Backyard Customs
  28. Kelvin Nugroho “SAIME17 Parking Lot Pick”
  29. El Paso Garage
  30. Dinov’s Speed

– Artist:

  1. Kedux Garage
  2. Veroland
  3. Rudi Ibrahim
  4. Agus Sudariswanto
  5. Rafsan “Acan” Yuwono
  6. Satria NB
  7. Gandhi Rasefour
  8. Ones
  9. Triwibawa “Cimot” Santosa
  10. Putri “Uthy” Proboningtyas
  11. Raka Adityama
  12. Demushasi
  13. TB. Putera
  14. Ykha Amelz
  15. Fluxcup
  16. Tahilalats
  17. Lickpalick
  18. Mahaputra Vito
  19. Azis Wicaksono
  20. Wacky.ok
  21. Robby Dwi Antono
  22. thepopo

LEAVE A REPLY

*