Simak Keunggulan dan Kelemahan Honda PCX Hybrid

0
951
Honda PCX Hybrid 150
Honda PCX Hybrid 150 dibekali baterai lithium ion berkapasitas 4 Ah dengan daya output 50,4 V. Foto: Arswendo

NaikMotor – Honda PCX Hybrid merupakan motor hibrid pertama di Indonesia. Model ini jadi tonggak Astra Honda Motor (AHM) untuk unjuk gigi kepada pemerintah dan kompetitor bahwa Honda punya produk ‘masa depan.’

Sebagai model paling tinggi di keluarga PCX, motor yang diproduksi di pabrik AHM Sunter, Jakut, ini dibanderol Rp 40,3 juta, lebih mahal sekitar Rp 10 juta dari versi standar rakitan lokal atau balik ke harga PCX Thailand.

Honda PCX Hybrid sendiri pertama kali diperkenalkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2017, namun sistem hibridnya sudah dipatenkan sejak 2015. Di Indonesia PCX Hybrid meluncur di IIMS 2018 dan harganya menyusul Juli 2018.

Kelemahan Honda PCX Hybrid

Keunggulan:

1. Lebih Eksklusif
Honda PCX Hybrid bukan produk limited edition, motor ini dijual bebas dan kalau bisa terjual sebanyak banyaknya. Namun dengan banderol lebih mahal barang tentu populasinya tidak bakal sebanyak versi biasa.

Dengan begitu pembeli PCX Hybrid bisa berbangga karena motornya relatif langka dibanding yang lain. Belum lagi statusnya sebagai model paling tinggi alias flagship yang bisa jadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.

2. Langsung Terciri
Alasan kedua mirip seperti keunggulan pertama yakni lebih eksklusif. Honda PCX Hybrid hanya tersedia dalam satu pilihan warna yakni biru dongker. Warna ini tidak ada di model standar, dan jadi pembeda signifikan kedua model tersebut.

Pilihan warna cuma satu memang jadi keunggulan tersendiri, tapi bisa juga jadi kelemahan jika ada yang ingin PCX Hybrid warna lain. Meski begitu harus diakui pilihan warna merupakan strategi pabrikan terhadap jualan produknya.

3. Canggih
Syarat teknologi. Skuter ini merupakan yang pertama di Indonesia menerapkan sistem kerja mild hybrid parallel. Cara kerjanya sudah dibahas dalam artikel sebelumnya. Meningkatkan akselerasi dan sedikit lebih irit.

Kelemahan Honda PCX Hybrid

Kelemahan:

1. Harga Lebih Mahal
Resiko teknologi baru, dimana hitung-hitungannya harganya lebih mahal Rp 10 jutaan dari versi biasa. Harus diketahui AHM merupakan pihak pertama yang memproduksi PCX Hybrid di seluruh dunia.

2. Bukan Buat Irit-iritan
Pengertian sistem hibrid di motor tidak seperti hibrid pada mobil yang menekankan penghematan bahan bakar. PCX Hybrid lebih menitikberatkan performa, jadi sistem hibridnya untuk mendukung akselerasi.

Honda mengatakan sistem hibrid PCX Hybrid ini bisa menambah tenaga 1,4 Kw dan menghemat BBM sampai 2,2 persen. Kesannya tidak signifikan, namun diklaim bakal sangat berpengaruh ditanjakan dan jalan jauh.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*