Astra Honda Racing Team Makin Dekat Ikut MotoGP

0
Astra Honda Racing Team Makin Dekat Ikut MotoGP
Usaha Astra Honda Motor (AHM) membawa pembalap muda Indonesia ke kejuaraan dunia mulai berbuah. Grafis: AHRT

NaikMotor – Usaha Astra Honda Motor (AHM) membawa pembalap muda Indonesia ke kejuaraan dunia bergengsi yang dilakukan sejak 2010 mulai berbuah. Astra Honda Racing Team makin dekat ikut MotoGP dengan mendapatkan wildcard Moto2  Catalunya pada Juni lalu. 

Sepak terjang Dimas Ekky yang turun di Moto2 bersama tim AHRT (Astra Honda Racing Team) merupakan pencapaian tersendiri buat AHM, dan juga buat AHRT yang merupakan tim pertama asal Indonesia di kejuaraan Moto2.

Astra Honda Racing Team

Anggoto Iriawan,  Senior Manager Safety Riding and Motorsport of AHM mengatakan, usaha AHM dimulai sejak 2010, dimana saat itu pabrikan Honda Indonesia membuat Astra Honda Racing School.

“Kami puas dengan evolusi Astra Honda Racing School. Pada awalnya, kami tidak punya banyak pembalap, tetapi kami terus berkembang dan saat ini kami punya sekitar 60 pembalap muda Indonesia yang bergabung,” kata Anggono.

Astra Honda Racing Team
Di tahun pertamanya terjun di kelas AP250, Gerry Salim langsung menyabet gelar Juara Asia AP250. Foto: AHRT

“Para pembalap baru ini bisa melihat bagaimana pembalap kami seperti Gerry, Gilang, dan Dimas berkompetisi, yang bisa menjadi acuan bahwa mimpi mereka untuk berlaga di event internasional bisa terwujud,” imbuhnya.

Pada 2010, AHM membentuk Safety Riding & Motorsports Department, dengan misi utama mencari pembalap muda berbakat dari seluruh Indonesia dan membekali mereka ilmu agar suatu saat bisa berlaga di MotoGP World Championship.

Langkah pertama untuk mewujudkan misi ambisius tersebut adalah dengan membentuk Astra Honda Racing School (AHRS), yang melibatkan para pembalap muda terbaik dari berbagai daerah di Indonesia.

Astra Honda Racing Team
Start dari posisi ke-30 Dimas Ekky berhasil finis di urutan ke-24 di Moto2 Catalunya, Spanyol.

“Para pembalap muda pertama kami di Astra Honda Racing School adalah Andi Gilang dan Gerry Salim, yang merupakan bagian dari generasi pertama pada 2010,” kata Anggono.

Proyek AHRS terus bertumbuh sejak dibentuk, dengan jumlah pembalap yang terus bertambah, dan dari tahun ke tahun semakin banyak pula kompetisi bergengsi yang diikuti. Astra Honda Racing Team makin dekat ikut MotoGP dengan mengirimkan pembalap ke kejuaraan Eropa FIM CEV Spanyol mulai kelas Moto3 dan Moto2.

Astra Honda Racing Team
Andi Gilang jalani pekan yang sulit di CEV Moto3 Eropa, di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (17/9/2017). Foto: Istimewa

Pada Juni 2018, Astra Honda Racing Team makin dekat ikut MotoGP dengan menjalani debut Grand Prix bersama Dimas Ekky di Moto2 World Championship berkat wildcard pada GP Catalunya.(Rls/nm)

LEAVE A REPLY