Ini Perubahan Pada Suzuki GSX-RR yang Membuat Alex Rins Podium Kedua di Assen

0
Rins Podium Kedua di Assen
Alex Rins podium kedua di Assen, podium kedua kalinya selama musim MotoGP 2018. Foto: istimewa

NaikMotor – Pembalap Suzuki Ecstar Alex Rins podium kedua di Assen, meski pagi sebelumnya sempat didera sakit perut. Namun podium kedua kalinya di musim MotoGP 2018 diakuinya berkat perubahan pada Suzuki GSX-RR.

Perolehan Rins di musim 2018 ini memang masih naik turun, setelah terjatuh di 4 seri dari 8 seri yang telah berlangsung. Tercatat berhasil 2 kali podium, podium ke-3 di seri Argentina dan terakhir Rins podium kedua di Assen. Di Lemans, mantan pembalap Moto2 itu finis ke-10 dan di Mugello ke-5.

Rins mengatakan perubahan pada mesin dan sasis GSX-RR telah mendukungnya meraih podium kedua di Assen dalam balapan yang penuh overtaking itu. Rins berhasil menekan Pembalap Yamaha Maverick Vinales di tikungan terakhir pada putaran terakhir meski hanya berselisih tipis saja, 0,039 detik.

“Saya berusaha untuk tetap tenang, khususnya di Assen, setelah di seri-seri sebelumnya selalu terjadi kesalahan. Suzuki telah memberi kami mesin lebih kencang, terutama di putaran atas yang berguna di lintasan lurus,” terang Rins. “Kami menggunakan mesin baru dan sasis karbon. Saya merasa nyaman dengan hal itu, sehingga harus berhasil.”

Selain itu, kemahiran Alex Rins untuk mengambil momentum dan memacu Suzuki GSX-RR didukung oleh persiapan setting motor yang baik dan pemilihan jenis ban yang tepat. Hal ini membuat Suzuki GSX-RR-nya tetap mendapatkan grip terbaik di setiap aksi overtaking yang terjadi di berbagai tikungan dan akselerasi penuh di lintasan lurus.

“Sebelum balapan, saya sempat didera rasa sakit perut, namun berkat pertolongan tim medis saya bisa cepat merasa lebih baik, jadi saya benar-benar berterima kasih kepada mereka. Ketika balap akan dimulai, saya berpikir ‘wow, ini akan menjadi balapan milik saya!’. Selama pertempuran fantastis ini saya belajar banyak hal. Kecepatan Suzuki GSX-RR kami bagus dan saya bisa menikmatinya! Ada banyak over-taking dan gerakan yang ketat, jadi saya selalu berusaha mendorong untuk tetap bersama yang lain dan menahan posisi saya. Saya merasa sangat positif dengan motor dan dengan tim saya, kami semua benar-benar ingin melakukan peningkatan dan menang. Saya berharap saya dapat tetap berada di puncak untuk balapan berikutnya juga. Saya merasa percaya diri untuk Sachsenring,” demikian ungkapan kegembiraan Alex Rins ketika menerima piala kemenangan Podium ke-2.

Pertahanan yang dilakukan Andrea Iannone pun dinilai cukup memadai. Meski sudah memberikan penampilan terbaiknya di awal balapan, namun Andrea Iannone tetap menjaga posisinya untuk tidak tampil mengecewakan dan akhirnya menempati posisi ke-11 di akhir balapan.

Pencapaian terbaik Team Suzuki Ecstar MotoGP di TT Assen Circuit tahun ini menunjukan peningkatan progress yang sangat positif dibandingkan musim balap 2017, dimana pada saat itu Team Suzuki Ecstar MotoGP belum pernah merasakan panggung podium sama sekali. Prestasi perolehan 4 podium di tengah musim 2018 ini akan menjadi tolak ukur dan semangat yang lebih baik hingga akhir musim 2018 dan lebih serius mengumpulkan podium di musim 2019. (Rls/NM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here