Penantian 19 Tahun, Yamaha Factory Racing Team Juara Suzuka 8 Hours 2015

1
43

Yamaha-Factory-Racing-Team-wins-Suzuka-8-hours-2015
Pol Espargaro turut mengantarkan Yamaha Factory Racing Team menjuarai balap ketahanan Suzuka 8 Hours Endurance Race 2015, Minggu (26/7/2015) Foto; Yamaha

Suzuka (naikmotor) – Setelah melalui berbagai drama dan start yang kurang mulus, Yamaha Factory Racing Team akhirnya berhasil meyempurnakan pencapaiannya dengan menjuarai balap ketahanan bergengsi, Suzuka 8 Hours Endurance Race 2015.

Setelah mencetak rekor di babak superpole atau Top 10 Trial dengan waktu spektakuler 2:06,000 oleh Pol Espargaro, Yamaha Factory Racing Team tampil selama lomba berlangsung. Mereka hanya terkena penalti saat Espargaro melewati pembalap lain saat safety car masuk.

Bradley Smith yang menjadi pembalap terakhir satu jam menjelang finish tampil brilian membawa timnya merebut trophy bergengsi Suzuka 8 Hours Endurance Race 2015. Mereka mencetak total 204 lap dengan best time 2:08,496 detik.

Yamaha merebut supremasi balap tersebut sejak tahun 1996 yang dicetak Colin Edwards dan Noriyuki Haga dengan memacu Yamaha YZF750. Namun, secara pabrikan, Yamaha baru ikut lagi tahun ini sejak 2002.

Pol Espargaro dalam wawancara dengan Eurosport usai lomba menyatakan rasa bahagianya karena dia berhasil menyempurnakan hasil yang diraih sebelumnya.” Kemenangan fantastis, saya mencetak lap record di superpole (Top 10 Trial) sekaligus pole position dan sekarang mempersembahkan gelar juara bagi Yamaha setelah sekian lama,” sebutnya.

Trio Yamaha Factory Racing Team memang tampil meyakinkan meski saat start, Katsuyuki Nakasuga terlihat kurang mulus melakukannya, namun Nakasuga dengan cepat berhasil meng-overtake beberapa pembalap termasuk saat Casey Stoner mengalami insiden.

Begitu juga dengan Pol Espargaro yang juga brilian menggantikan Nakasuga termasuk Bradley Smith yang menyelesaikan lomba. Mereka melakukan pitstop sebanyak 8 kali. Lomba dipenuhi dengan drama mulai pembalap terjatuh, motor bermasalah yang mengakibatkan safety car berkali-kali masuk.

Di posisi kedua,tim FCC TSR Honda dengan Dominique Aegerter, Josh Hook dan Kyle Smith berhasil menunjukan determinasi tingginya di antara tim pabrikan. Sementara trio tuan rumah dari Team Kagayama Suzuki Ryuichi Kiyonari, Yukio Kagayama dan Noriyuki Haga menduduki posisi ketiga.

Sementara tim yang diperkuat pembalap Indonesia HA Yudhistira, Team Green Kawasaki berada di urutan ke-9 sedangkan Satu Hati Honda Team Asia yang diperkuat Dimas Ekky Pratama finis ke -18 setelah mengalami technical problem mengenai lampu menjelang malam. (Arif/nm)

Result-Suzuka-8-Hours-Endurance-2015

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*