Kenali Tikungan Corkscrew Laguna Seca yang Sulit dan Berbahaya

0
1208
Tikungan Corkscrew
Tikungan Corkscrew, Laguna Seca

NaikMotor – Seri Motul FIM Superbike World Championship 2018 di Amerika Serikat telah usai dengan kemenangan ganda Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea di dua race. Namun Sirkuit Laguna Seca sendiri tenyata dianggap sirkuit yang sulit dengan tikungan Corkscrew yang terkenal.

Sirkuit bernama resmi WeatherTech Raceway Laguna Seca, Monterey, California Amerika Serikat dibangun pada 1957 dengan tikungan Corkscrew yang dianggap berbahaya. Tikungan yang melingkupi melingkupi R8 dan R8A, memiliki hairpin ke kiri langsung disambut tikungan ke kanan sambil menurun dengan ketinggian 18 meter. Selain itu sirkuit dengan panjang 3,6 km memiliki layout berbukit-bukit dan memiliki 11 tikungan dengan arah berlawanan jarum jam yang tidak biasa.

Di tikungan Corkscrew itu saat Race 1 WorldSBK 2018 Laguna Seca, Pembalap Turki, Toprak Razgatlioglu dari tim Pucetti Kawasaki mengalami highside yang aneh. Rider yang merebut podium kedua di Race 2 seri Donington mengalami patah jempol kaki kiri akibat kecelakaan yang belum diketahui penyebabnya itu sehingga terpaksa melewatkan Race 2 di Laguna Seca.

Toprak saat itu tengah menjalani putaran ke-20-nya, tiba-tiba roda belakangnya seperti terangkat. Praktis pembalap berusia 21 tahun seperti dilontarkan dari ketapel di ketinggian Corkscrew. Motor Kawasaki ZX-10RR tunggangannya berguling 7 kali dan berantakan pada semua bagian. Toprak mengaku, “Tidak ada masalah teknis saat itu, boleh jadi saya terlalu cepat saat menikung ganda.”

Sirkuit ternyata sebelumnya pernah digunakan MotoGP sebelum dipindahkan ke Austin. MotoGP terakhir di Laguna Seca 2013 dengan pemenang Marc Marquez. Sebelumnya tercatat Casey Stoner, Jorge Lorenzo, Valentino Rossi dan Nicky Hayden.

Bahkan Eddie Lawson, mantan pembalap GP500 1990-an, juara seri Hongaria 1992 menyebut trek Laguna Seca sulit untuk dipelajari. Salah satu tikungan tersulit adalah Corkscrew.

Tragedi terbesar terjadi di 2015 dalam MotoAmerica, Pembalap Bernat Martinez, 35, dan Dani Rivas, 27, meninggal di rumah sakit setelah mengalami kecelakaan di Corkscrew. Korban lainnya yang terlibat tabrakan beruntun di lap pertama itu: Josh Chisum, Devon McDonough dan Kevin Pinkstaff cedera dan di rawat di rumah sakit. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*