Suzuka 8 Hours Endurance 2015, Kompetisi Penuh Gengsi

0
76

casey-stoner_Musashi_harc_pro_Suzuka_8_hours_2015
Casey Stoner menjadi salah satu daya tarik gelaran FIM World Endurance Championship Suzuka 8 Hours akhir pekan ini. Foto: Suzuka

Suzuka (naikmotor) – Ajang FIM World Endurance Championship (FIM-WEC) seri kedua yang akan berlangsung akhir pekan ini  bertajuk The 38th Coca-Cola Zero Suzuka 8 Hours Endurance dipenuhi para bintang.

Ratusan pembalap, termasuk pembalap nasional Jepang, dipastikan akan mengikuti salah satu ajang balap ketahanan bergengsi, Suzuka 8 Hours Endurance. Mereka datang dari berbagai kejuaraan, mulai profesional di balapan endurance, MotoGP, Moto2, WSBK, British Superbike dan Asia Road Racing Championship.

FIM World Endurance Championship
Anthony Delhalle dan Vincent Phillipe adalah para profesional di balapan ketahanan yang tergabung dalam Suzuki Endurance Racing Team #30. Keduanya akan menjadi leader bagi pendatang baru , Etienne Masson. Suzuki Endurance Racing Team telah memenangi 13 gelar juara di Wolrd Endurance Championship dan runner-up tahun lalu di klasemen. Datang dengan gelar juara di seri pembuka tahun ini di Le Mans 24 Hours, mereka adalah  salah satu kandidat kuat juara di Suzuka tahun ini.

MotoGP
Tidak salah lagi, yang menjadi pusat perhatian di Suzuka 8 Hours tahun ini adalah Casey Stoner. Masuknya Stoner ke balapan endurance menandai come back-nya ke duani balap setelah pensiun 2012 lalu. Stoner akan bergabung dengan tim pabrikan Honda, Musashi RT Harc-Pro yang juga juara seri tahun lalu. Bergabung dengan Takumi Takahashi dan Michael van Der Mark yang berpengalaman tahun lalu, membuat tim ini menjadi facorit juara.

Duet pembalap Yamaha Monster Tech 3 di MotoGP, Pol Espargaro dan Bradley Smith akan mendebut di Suzuka 8 Hours tahun ini bersama Katsuyuki Nakasuga, tes rider Yamaha MotoGP yang  tergabung di Yamaha Factory Racing. Kehadiran mereka menandai kembalinya tim pabrikan Yamaha ke balapan di Suzuka dan terbukti di tes resmi kedua, Yamaha Factory Racing Team mampu menjadi yang tercepat

Moto2
Dominique Aegerter yang kini membalap di Techomag Racing Interwetten Moto2, kembali ke ajang Suzuka 8 Hours setelah tahun lalu ikut memperkuat Team Kagayama Suzuki dan mampu naik podium ketiga. Tahun ini Aegerter akan membalap bersama tim FCC TSR #778 bersama pembalap Australia, Josh Hook dan Kyle Smith (Inggris).

Azlan Shah Kamaruzaman untuk ketiga kalinya turun di Suzuka dan tahun ini bergabung dengan Asian AllStars bersama Satu Hati Honda Team Asia #22. Tidak diragukan lagi, Azlan adalah salah satu pembalap Asia terbaik di mana dia sekarang berjibaku di Moto2 bersama Honda Team Asia.

WSBK
Michel van Der Mark yang kini membalap di WSBK bersama PATA Honda telah telah dua kali ikut menyumbang gelar bagi tim pabrikan Honda Musashi RT Harc- Pro #634 di ajang Suzuka 8 Hours berturut-turut, 2013 dan 2014. Bersama dengan tandem lamanya, Takumi Takahashi, tahun ini akan satu tim dengan Casey Stoner untuk merebut juara ketigakalinya.

Pembalap Voltcom Crescent Suzuki di WSBK, Alex Lowes akan bergabung dengan tim Yoshimura Suzuki Shell Advance #12 untuk pertama kali tahun ini. Alex, juara British Superbike Championship 2013 akan satu tim  dengan Takuya Tsuda dan Josh Waters dari Australia

British Superbike
Pembalap tuan rumah Ryuichi Kiyonari yang kini menjalani kompetisi di Bristish Superbike Championship memacu BMW, dipanggil tim favorit juara, Team Kagayama #17 Suzuki bersama dua rider veteran lainnya di WSBK, Yukio Kagayama dan Noriyuki Haga.  Kiyonari salah satu pembalap populer di Jepang dengan 50 kemenangan dan tiga gelar juara di BSB serta empat kali juara di Suzuka 8 Hours.

ARRC
Di bawah asuhan Makoto Tamada, Dimas Ekky Pratama dan Ratthapong Wilairot akan menjadi wakil dari kancah balapan Asia tertinggi, ARRC di Suzuka 8 Hours bersama Azlan Shah Kamaruzaman di Satu Hati Honda Team Asia #22. Bagi Dimas, ini adalah untuk kedua kalinya berkompetisi sementara bagi Ratthapong Wilairot merupakan yang pertama.

Salah satu rising star di Suzuka 8 Hours adalah wakil Indonesia, HA Yudistira yang langsung masuk skuad pabrikan Kawasaki, Team Green #78 bersama Kazuki Watanabe dan Akira Yanagawa. Di bawah asuhan mentornya Katsuaki Fujiwara, Yudhis akan menjalani debut di ajang balap ketahanan. Di sesi tes resmi, Yudhis sudah menunjukan progres menggembirakan dan memenuhi target waktu yang diberikan timnya. (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*