Yamaha XSR700 2016: Sport Heritage Rancangan Shinya Kimura

1
82

Yamaha-XSR700-2016-Faster-Sons_3
Yamaha XS700 2016 diluncurkan Yamaha dengan mengambil basis MT-07 serta lahir dari karya Shinya Kimura melalui Faster Sons. Foto: Yamaha

Belanda (naikmotor) – Kolaborasi Yamaha Motor Eropa dan Shinya Kimura membangun Yamaha MT-07 Faster Sons di acara Festival Wheels & Waves di Perancis, Juni lalu ternyata berkelanjutan dengan diluncurkannya motor baru Yamaha XSR700.

Yamaha XSR700 dilahirkan mengambil basis dari model MT-07 sebagai model Sport Heritage dengan tampilan casual dan retro mengacu pada motor ikon Yamaha XS650 yang melegenda.

XSR700 lahir dari filosofi Fasters Sons, custom bike Yamaha MT-07 yang dirancang Shinya-san, gabungan antara teknologi modern serta gaya vintage. Kekuatan filosofi tersebut disematkan melalui desain yang tidak lekang oleh jaman, teknologi terkini serta mendapatkan pengalaman berkendara.

Yamaha XSR700 adalah persembahan citarasa Yamaha dengan mengeksplor gaya serta aplikasi parts berkualitas tinggi. Pengendaranya dapat menikmati aroma retro dengan rancangan jok kulit bertekstur dan mudah untuk dicustom dengan menyediakan dudukan pada sub-frame belakang.

Menunggang Yamaha XSR700 juga seolah tengah duduk di atas Faster Sons dengan gaya lampu depan old school serta tangki aluminium. Gaya lawas juga terekam pada desain speedometer yang terpasang di antara setang lebar untuk mendukung mendukung posisi berkendara santai.

Beberapa komponen aluminium seperti fender depan dan cover radiator juga menyiratkan gaya retro. Dengan berat hanya 186 kg, XSR700 disiapkan menjadi ikon modern para pencari gaya hidup motoris penggemar retro- style.

Filosofi lain yang diusung dari XSR700 adalah mengantarkan pengendaranya dengan cepat namun dengan handling mudah dan lincah. Karena itu tenaganya dipacu oleh mesin 700 cc segaris dua silinder yang telah terbukti unggul di beberapa model Yamaha terbaru di Eropa. Karakter mesinnya mampu berakselerasi cepat dan bertenaga di semua putaran.

Sementara handlingnya selain didukung sasis yang ringan namun juga lincah antara lain berkat swing arm berdimensi pendek 530mm. Suspensinya mengadopsi model monocross link-system yang ditempatkan horizontal yang terpasang langsung ke crankcase. Tidak sekadar membuat simpel namun juga mendukung performa sasisnya.

Yamaha XSR 700 juga diciptakan mudah untuk dicustom sesuai dengan selera pengendaranya, karena itu Yamaha telah menyiapkan berbagai aksesorinya termasuk parts custom bolt-on dari beberapa builder ternama dari proyek Yamaha Yard Built dalam waktu dekat.

Oiya, tampilan pengendaranya pun tidak luput dari perhatian Yamaha dengan merancang apparel seperti jaket, sarung tangan dan helm bernuansa Faster Sons, layaknya gaya Shinya Kimura saat bergaya di Wheels & Waves festival di Biarritz Perancis.(Arif/nm)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*