BSA A65 1971: Traditional Style Karya The Factory Metal Works

0
322
bsa-a65-factory-metal-works
Mengandalkan mesin BSA A65 1971, Factory Metal Works mengetengahkan tampilan traditional style untuk konsumennya di Mexico City. Foto: Factory Metal Works

North Carolina (naikmotor) – BSA A65 pada jamannya memang pernah merajai jalanan Amerika Serikat, walaupun kemudian surut setelah Triumph dan merek Jepang masuk. BSA A65 sebenarnya memiliki beberapa varian seperti produk awal Star, dan Lightning. BSA A65 diproduksi antara 1962 hingga 1972.

A65 mudah diterima publik Amerika karena dianggap ringan dan bertenaga, bermesin 650 cc bersilinder ganda. Tentunya bagi publik yang ingin model-model streetfighter setelah bosan dengan model cruiser.

Tetapi kini bagi Factory Metal Works, custom builder dari Amerika, BSA A65 diretrofit menjadi classic hardtail yang lebih macho dibandingkan produk pabriknya. Motor ini dibuat untuk konsumennya, Phillip George Phillip dari Mexico City.

Factory Metal Works menampilkannya melalui konstruksi sasis dual downtube handmade yang kokoh, ya..Factory Metal Works juga dikenal sebagai metalworker dan terkenal sebagai perancang sasis mobil balap untuk NASCAR.

Sasis baru memang diperlukan agar garpu depannya bisa untuk menempatkan ban ukuran lebih lebar. Tidak diperlebar, tetapi hanya diubah sudut rakenya menjadi 25 derajat. Dan sasis diturunkan 37,5 mm serta dipotong agar lebih pendek.

Jok solo berbahan kulit dirancang Factory Metal Works menyesuaikan dengan ‘traditional style’ sesuai konsepnya. Sedangkan fender sumbangan produk Baron Speed Shop, sementara lingkar roda menggunakan ban belakang 18 inci, pelek krom dan tromolnya terpaut pada strut buatan Factory Metal Works.

Soal mesin, Factory Metal Works menggunakan produk BSA 1971 654cc yang memiliki dua karburator. Knalpot yang digunakan asli produk BSA tetapi telah dilapis krom ulang dan tip mufflernya dibuat model cocktail shaker.

Beberapa komponen lainnya justru milik musuh bebuyutannya, seperti tangki yang mengambil rancangan desain Triumph termasuk tangki olinya. Demikian dengan tromol belakang dan roda depan 19 inci sepenuhnya milik Triumph 1970. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*