Honda Kembali Menghidupkan Mesin 2 Tak

0
Honda-Two-Stroke-04
Honda dikabarkan telah mematenkan rancangan mesin 2 Tak baru dengan sejumlah inovasi, seperti induksi bahan bakar injeksi dan pembakaran yang lebih bersih. Foto: Morebikes

Jepang (naikmotor) – Berdasarkan patent yang didaftarkan pabrikan Honda, terlihat rancangan mesin dua langkah baru. Tetapi kini dengan sejumlah inovasi, seperti induksi bahan bakar injeksi dan pembakaran yang lebih bersih.

Pada mesin terlihat injektor yang diletakkan pada chamber di bawah silinder dan mengarah ke atas. Sehingga saat piston bergerak ke atas, akan melalui ruang injektor, dan pada saat bersamaan bahan bakar diinjeksikan langsung dalam ukuran atom.

Uniknya, pada bagian atas silinder terdapat katup yang bekerja secara push rod. Sehingga memungkinkan bahan bakar terbakar sempurna, barulah dibuang melalui knalpot. Sebuah langkah pembakaran yang tak menyisakan bahan bakar, seperti yang umum terjadi pada mesin dua langkah konvensional.

Karena bahan bakar diinjeksikan begitu halus dan tepat ke ruang silinder serta pengapian yang akurat, maka pembakarannya pastil efisien dan sempurna, artinya emisi pun sangat rendah. Bahan bakar berupa kabut tadi berfungsi untuk pendinginan bagian dalam silinder, menambah efisiensi mesin.

Jika dibandingkan dengan mesin dua langkah lama, maka mesin baru tersebut diklaim lebih ringan dan bertenaga. (Afid/nm)

Honda-Two-Stroke-03

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here