Skuter Listrik VW ‘Last Mile Surfer’ Meluncur Tahun Depan

0
VW-Scooter-2016
Volkswagen tengah mempersiapkan skuter listrik kompak yang hanya berbobot 11 kg pada akhir 2016. Foto: Bild

Jerman (naikmotor) -Volkswagen sejak jaman Perang Dunia Ii hingga kini indentik sebagai pabrikan mobil. Bahkan VW pun punya arti harfiah kereta rakyat. Tetapi ketika CEO VW baru Martin Winterkorn, mengajukan wacana untuk membuat skuter listrik banyak yang terheran-heran atau merasa surprise sekaligus ingin tahu.

Visi baru VW tersebut akan diwujudkan akhir 2016, seperti yang dilansir media harian Jerman, Bild. Skuter listrik tersebut berukuran kecil atau kompak dan beroda 3 dengan bagasi yang berisi baterai dan perlengkapan untuk charging, beratnya hanya 11 kg sudah termasuk baterai. Pasar pertama yang dibidik pastilah domestik Jerman terlebih dahulu.

Mengingat ukurannya dan konstruksi kemudi yang bisa dilipat, skuter yang belum dinamai tersebut tampaknya hanya untuk transit saja bukan komuter. Seperti dari parkiran atau stasiun kereta ke tempat kerja atau tujuan sebenarnya.

Ada yang menjulukinya sebagai last mile surfer. Maklum daya jelajahnya terbatas hanya 20 km. Dan pastinya akan cocok ditempatkan pada bagasi mobil VW saat pemiliknya menuju tempat rutinitas. Saat dalam perjalanan tersebut skuter bisa sambil di-charge melalui power outlet yang tersedia di bagasi VW.

Menurut Winterkorn, skuter akan dipasarkan dengan harga relatif murah, tidak lebih dari Euro1.000 atau sekitar Rp 15 jutaan. Pengembangan proyek skuter tersebut didanai oleh dewan pekerja sebagai proposal dana inovatif.(Afid/nm)

VW-Scooter-2016_1

LEAVE A REPLY