Aprilia RSV4 RF LE Superbike Pertama yang Pakai Winglet!

0
Aprilia RSV4 RF LE
Aprilia RSV4 RF LE superbike pertama yang memakai winglet. Foto: Jensen Beeler/Asphalt and Rubber

NaikMotor – Bertepatan dengan MotoGP Austin, Texas, Aprilia turut melansir model baru yakni Aprilia RSV4 RF LE. Model ini sangat menarik lantaran menjadi superbike pertama yang menggunakan winglet.

Penggunaan winglet membuat daya tarik tersendiri sebab motor ini berstatus street legal bukan motor balap tulen. Apalagi Aprilia cuma membuatnya sebanyak 125 unit, 100 unit untuk Amerika Serikat dan 25 unit untuk Kanada.

Aprilia RSV4 RF LE

Winglet Aprilia RSV4 RF LE terlihat jelas di fairing samping. Bentuknya beda dengan aero body di Aprilia RS-GP yang dipakai di MotoGP. Winglet di motor ini merupakan salah satu bentukan program Factory Works Aprilia Racing.

Disisi lain Aprilia Racing rupanya juga dikabarkan bakal segera membuat versi kencang RSV4 yang sanggup memuntahkan tenaga 250 hp. Dan salah satu fiturnya tentu saja opsi aerodinamika alias aero body atau winglet.

Aprilia RSV4 RF LE

Mengutip Asphalt and Rubber, ada kemungkinan Aprilia RSV4 RF LE merupakan upaya Aprilia untuk menggasak WSBK. Sebab peraturan WSBK memperbolehkan hal seperti ini dipakai jika sudah diproduksi masal dan street legal.

Butuh waktu apakah winglet tersebut memang berfungsi saat dipacu dengan batas kecepatan di jalan raya atau tidak. Kendati demikian, usaha Aprilia menawarkan winglet di motor produksi masal merupakan terobosan baru.(Agl/nm)

Aprilia RSV4 RF LE

LEAVE A REPLY