Unik Nih… Ford Bikin Paten Motor di Dalam Perut Mobil

0
2348
Ford
Ford mengajukan paten untuk mobil dengan sepeda motor yang terpasang di dalamnya. Foto: Motorcycles

NaikMotor – Beberapa paten bisa lebih ‘gila’ dibanding yang lain. Contohnya Ford yang mengajukan paten mobil dengan sepeda motor yang terpasang di dalamnya, dan dapat digunakan sebagai kendaraan terpisah.

Jika penjelasan di atas sulit dicerna anggap saja motor ini seperti Batpod yang keluar dari Batmobile dalam film-film Batman besutan Christopher Nolan. Bedanya motor ini nanti keluar dari perut Ford C-Max bukan mobil Batman.

Ford
Bagian setang motor jadi bagian dashboard dan konsol tengah mobil.

Permohonan paten diajukan pada 18 Oktober 2017 tetapi mulai diterbitkan 26 April 2018 oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS. Dalam paten yang bocor diketahui motor tersebut berjenis skuter dan merupakan motor listrik.

Skuter itu akan terletak vertikal di tengah mobil. Bagian setang dan speedometer akan menjadi bagian dari dashboard dan konsol mobil, dan jok bakal jadi arm rest. Sedangkan ban depan motor akan sejajar dengan ban depan mobil.

Ford
Komposisi letak motor di dalam mobil.

Ford tidak merinci sistem kerja motor unik ini. Namun dalam gambar 4.10 dan 4.20 merupakan pengunci untuk menjaga agar posisi motor tidak bergeser, sedangkan aktuator di gambar 4.30 membuat motor bisa mengikuti gerak mobil.

Untuk alasan keamanan, motor hanya dapat digunakan saat kunci mobil menyala tetapi mesin mati. Saat dibutuhkan kap mesin akan mengangkat dan penggerak baik motor listrik atau sistem hidrolik, melepaskan motor.(Agl/nm)

Ford

4.10 dan 4.20 berguna untuk mengunci mobil, sedangkan aktuator di 4.30 membuat motor bisa mengikuti mobil.

LEAVE A REPLY

*