Y2K, Motor Bermesin Turbin Pemecah Rekor yang Laik Darat

0
183

MADMAX-Team-red-bike_1
Motor bermesin turbin Y2K pemegang rekor dunia kecepatan menggunakan ECU Motec dilengkapi kopling multiplate berbahan karbon. Poros dan roda gilanya menggunakan bahan bahan titanium.

Inggris(naikmotor)-Mesin penggerak turbin memang jenis mesin yang paling jarang digunakan di darat khususnya jalan raya, apalagi diterapkan pada sepeda motor. Kendaraan darat yang menggunakan mesin turbin yang dikenal paling Tank Utama M1 Abrams buatan Amerika Serikat. Sisanya oleh wahana udara seperti helikopter, dan pesawat lain dengan turboshaft.

Di Elviington, Yorkshire- Inggris, Madmax Team telah membuat street bike standar menggunakan mesin turbin Rolls Royce, tipe 250-C20B. Mesin menghasilkan 542 daya kuda dan torsi 610 Nm. Memang pada 1998, motor sejenis telah dibuat oleh Marine Turbine Technologies (MTT) Louisiana Amerika dan dinamakan Y2K, produksi terakhirnya pada 2005.

Kini motor telah diregenerasi di Inggris dan tetap bernama Y2K. Uniknya, sepeda motor legal street atau bisa dijalankan di jalan raya sebab dilengkapi dengan lampu utama, klakson, sein, lampu rem dan speeedometer.

Mesin turbin Y2K yang diatur ECU Motec tidak menyemburkan jet tetapi justru menggunakan kopel untuk menggerakkan roda. Transmisinya berpercepatan tunggal dan dilengkapi kopling multiplate berbahan karbon. Poros dan roda gilanya menggunakan bahan bahan titanium.

Soal roda, Y2K menggunakan pelek serat karbon BST. Sistem peredaman bagian depan menggunakan produk untuk superbike Marzocchi 50 mm, dengan sistem rem cakram diameter 320mm, 6kaliper produk ISR.

Sosok Y2K pendahulunya menggunakan fairing, tetapi new gen-nya dibiarkan terbuka, sehingga bergaya streetfighter. Total biaya pengembangan sepeda motor turbin USD 308.000 atau Rp 4,1722 M.

Tetapi sepertinya itu terbayar dengan berbagai rekor yang diraih: seperti rekor kecepatan di Inggris 344,4 km/jam, rekor dunia 361,9 km/jam yang diakui Auto-Cycle Union (ACU), dan Speed Record Club and Timing Association. Rekor terakhir per Mei lalu adalah:

World’s fastest Turbine Motorcycle – 1 mile (one way): 376,1 km/h
World’s fastest Streetfighter – 1 mile (one way): 372,7 km/h
World’s fastest flying quarter mile for Turbine Motorcycle: 3,91 detik.

Uniknya, nyaris tak ada dynometer yang sanggup mengukur berapa besar tenaga keluaran on wheel Y2K. Apalagi jika sistem water injection-nya diterapkan, paling tidak akan ada tambahan 100 daya kuda. (Afid/nm)


LEAVE A REPLY

*