Pembalap MotoGP 2018 Harus Memakai Airbag, Ini Kata Rossi

0
326
Pembalap MotoGP 2018 Harus Memakai Airbag
Airbag wajib digunakan Pembalap MotoGP 2018. Foto: Dorna MotoGP

NaikMotor – Sejak seri pembuka musim 2018 Qatar, FIM menetapkan semua pembalap MotoGP 2018 harus memakai airbag. Banyak pendapat bermunculan termasuk dari Valentino Rossi.

Fédération Internationale de Motocyclisme atau FIM saat MotoGP 2018 Qatar telah menetapkan semua pembalap MotoGP harus sudah menggunakan airbag sebagai bagian dari riding gear mereka. Ketentuan itu disambut gembira oleh banyak pembalap utama MotoGP seperti Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Cal Crutchlow, serta pembalap lainnya.

Valentino Rossi menyatakan airbag memang diperlukan demi keselamatan.”Di awal perkenalan dengan airbag produk Dainese pada 2009, saya tidak merasa nyaman, sebab susah untuk melakukan beberapa gerakan dan berat,” buka juara dunia GP 9 kali itu. “Tetapi memang kemudian pada perkembangannya semakin ringan, seperti produk D-Air. Bagi saya itu penting untuk keselamatan, terutama untuk perlindungan punggung dan tulang leher.”

Sementara Cal Crutchlow menyambut gembira ketentuan itu dan menyatakan airbag efektif menghindarkannya dari cedera. Crutchlow telah mengalami 26 kali terjatuh selama musim 2016 tanpa cedera berkat airbag. Crutchlow sendiri memang telah 4 tahun terakhir mengampanyekan penggunaan airbag di MotoGP.

Pihak Alpinestar yang diwakili commercial manager Jeremy Appleton, menyebut ketentuan di MotoGP akan meningkatkan pemahaman publik akan perlunya airbag saat berkendara. “Ketentuan pembalap MotoGP 2018 harus memakai airbag akan memecahkan permasalahan sulitnya meyakinkan publik akan perlunya penggunaan airbag saat berkendara. Sebab, airbag akan terbukti meningkatkan keselamatan saat ada yang terjatuh.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*