Dio dan Febri Rebut Podium 3 di Asia Dream Endurance Race Suzuka

0
36

ADC-Endurance-2-Hours-Race
Duet pembalap ADC Indonesia, Yogha Dio dan M Febriansyah berhasil meraih podium ketiga di ajang Asia Dream Endurance Race di Suzuka, Minggu (5/7/2015). Foto: Dok Ergus

Suzuka (naikmotor) – Prestasi tidak kalah membanggakan ditunjukan pasukan muda Indonesia di ajang Asia Dream Endurance Race di Suzuka. Ya, Yogha Dio dan M Febrinsyah menapak podium ketiga di kategori ADC.

Di race kali ini, Asia Dream Cup berbeda dengan race sebelunya, karena dilombakan melalui balapan ketahanan selama dua jam. Dalam sesi kualifikasi kemarin, Tim Indonesia menempati urutan ke-11.

Hasil training di Suzuka Racing School buat peserta ADC 2 Hours Endurance diterapkan oleh tim Indonesia dilanjutkan dengan berbagai simulasi seperti penggantian pembalap dan pengisian bahan bakar.

”Kita menghitung betul semua yang menjadi handicap di balap endurance ini. Kita isi bensin kebanyakan 1 liter asaja ruginya bisa empat detik. Kalau kita isi sedikit, risikonya mogok. Jadi, dalam 1 lap sepanjang 5,821 km kita hitung betul termasuk saat pit in pembalap,” beber Ergus Oei, manajer tim Indonesia yang mengaku deg-degan sepanjang balapan.

Mengawali race dalam kondisi trek basah, Tim Indonesia mengandalkan M Febriansyah sebagai rider utama. Dengan kelebihan kekuatan fisik yang dimilikinya, Febri ditugaskan menjalani balapan selama 80 menit. Mereka bertarung dengan 90 peserta lain di acara endurance ini dengan total 45 motor yang tampil di sirkuit. Di luar peserta ADC reguler, banyak tim privateer di Jepang mengandalkan motor Honda CBR250R dengan spesifikasi tune-up.

Sekali lagi, strategi yang jeli mutlak diperlukan dalam balap ketahanan ini termasuk kerjasama tim yang solid. “ Kita putuskan hanya sekali masuk pit dan mengisi bahan bakar sebanyak 4 liter. Dio masuk di 40 menit tersisa, sementara ban kita pakai ban tipe basah sejak awal lomba. Trek mulai kering jelang 2/3 balap, namun kita putuskan terus pakai,kalau ganti ban lagi, waktunya terbuang lagi. Mental anak-anak bagus, satu jam pertama kita juga sempat memimpin loh,” bangga Ergus

Dengan perjuangan berat, tim ADC Indonesia akhirnya finish di urutan ke-11 secara umum, namun perhitungan kategori ADC, mereka meraih podium nomor 3 dengan menghabiskan total lap 41 serta menempuh waktu 2 jam, 1 menit 036 detik. Mereka pun pulang membawa trophy kejuaraan. Selamat! (Arif/nm)

LEAVE A REPLY

*