Perang Tarif Amerika Eropa Bikin Harley-Davidson Semakin Mahal?

0
379
Harley-Davidson Semakin Mahal
H-D Revelation, motor listrik Harley-Davidson akan dikembangkan bersama Alta Motors. Foto: H-D

NaikMotor – Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah mengumumkan akan menaikkan pajak untuk aluminium dan baja impor. Kebijakan itu telah dibalas Uni Eropa dengan menaikkan tarif pajak semua barang dari Amerika. Imbas perang tarif Amerika Eropa akan membuat Harley-Davidson semakin mahal.

Konflik tarif Barat itu memang secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi harga komoditas, tidak terkecuali sepeda motor. Akibat langsung sepeda motor Eropa ke Amerika akan naik harganya, demikian sebaliknya.

Sementara impor sepeda motor sepeda Harley-Davidson dan produk Amerika lainnya seperti Indian, dan Zero oleh negara di luar Eropa akan turut terkena imbas. Pasalnya, Amerika masih mengimpor baja dan aluminium.

Komoditas sepeda motor telah terganggu sejak isu kontroversial soal tarif. Trump tidak senang ketika mengetahui tarif India untuk pajak impor Harley-Davidson meski India telah menurunkannya hingga 50% dari tarif semula 100%. Sementara sebaliknya tarif impor motor India di Amerika Serikat nol.

Tetapi kemudian soal tarif merembet ke Uni Eropa. Ketika para pejabat Eropa mengusulkan agar menaikkan tarif semua barang dari Amerika Serikat, sebagai balasan atas naiknya pajak masuk ke Amerika Serikat terutama aluminium dan baja dari Uni Eropa.

Sepertinya perang tarif Amerika Eropa akan membuat Harley-Davidson semakin mahal demikian dengan motor Amerika lainnya. Pabrikan dari Milwaukee terutamanya akan kembali menghitung target, meski baru saja menawarkan model-model baru termasuk rencana produk motor listriknya bersama Alta (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*