Honda GL400 Cafe Racer Wedge Motorcycle, Custom Bike Domestik Terbaik

0
Wedge Motorcycle
Cafe Racer Wedge Motorcycle dari basis Honda GL400. Foto: Istimewa. Photographer: Hiromitsu Yasui

NaikMotor – Wedge Motorcycle bukan nama baru di skena kustom roda dua Jepang. Bengkel yang digawangi Takashi Nihira ini sudah berulang kali mendapat penghargaan, baik dari kontes custom tingkat lokal Jepang sampai internasional.

Lewat korespondensi dengan NaikMotor.com, Wedge Motorcycle memamerkan garapan terbarunya, cafe racer dari basis Honda GL400 1981. Kami bertemu saat gelaran Yokohoma Hot Rod Custom Show 2017, Desember lalu di Jepang dengan motor ini. Tahun sebelumnya di event yang sama, Tahashi Nihira membawa BMW G310R Street Tracker pesanan BMW Motorrad Jepang.

Wedge Motorcycle
Photographer: Hiromitsu Yasui. Instagram: @banbi1125

Pertemuan kami difasilitasi oleh Tadashi Kohno, rekan kami yang seorang jurnalis dengan spesialisasinya di dunia custom. Lewat bantuan Tadashi Kohno pula, kami mendapatkan ulasan dan foto-foto eksklusif karya terbaru Wedge Motorcycles, Honda GL400 bergaya cafe racer .

Melihat tampilannya motor ini memang sangat menggoda, bodi sleek dengan mesin dan kaki-kaki kekar tapi tetap proporsional.”Awalnya ada pelanggan melihat Honda CB750 kustom saya di Mooneyes Show 2016. Dia minta cafe berbasis dari mesin 4-slinder. Tapi saya sudah pengalaman dengan CB, jadi saya bilang ingin eksperimen menggunakan mesin baru yakni Honda GL,” kata Takashi.

Takashi sadar memakai basis GL400 untuk sebuah cafe racer bukan tanpa kendala. Selain posisi ‘mesin V’ melintang ala Moto Guzzi sistem perpindahan daya Honda GL400 juga tidak memakai rantai tapi pakai gardan seperti mobil atau BMW R1200R.

“Saya ingin cafe racer dengan pelek jari-jari. Tapi saya tidak bisa mendapatkan proporsi itu melihat spesifikasi GL standar. Terlebih GL memakai drive shaft dan pelek palang. Awalnya saya tidak menemukan solusi yang tepat menjadikannya jari-jari,” imbuhnya.

Wedge Motorcycle
Photographer: Hiromitsu Yasui. Instagram: @banbi1125

Setelah beberapa lama Takashi akhirnya menemukan solusi yang dicari. Mantan mekanik di merek mobil ternama ini menemukan bahwa ia bisa memakai punya Honda GL1000 karena ada model yang pakai velg jari-jari dan spesifikasinya hampir sama.

“Awalnya saya tidak yakin pada saat itu hub bisa pas atau tidak. Jadi saya beli se-set di eBay dan mencobanya. Perlu sedikit penyesuaian, tapi gigi di hub bisa muat ke GL400. Dengan demikian saya bisa mengubahnya dari velg palang ke jari-jari,” imbuhnya.

Menariknya hub Honda GL1000 mengunakan rem cakram beda dengan model drum milik GL400. Alhasil jadilah rem belakang GL400 menjadi rem cakram juga. “Tapi saya tidak dapat buat yang depan. Saya cari dan akhirnya memakai punya CB550 bekas,” kata Takashi.

Wedge Motorcycle
Photographer: Hiromitsu Yasui. Instagram: @banbi1125

Beres urusan kaki-kaki beralih ke suspensi. Di depan Takashi memakai fork depan milik Yamaha SR400. Model ini katanya ramai dipakai di Jepang karena tampilannya memang keren. Sementara dibelakang ia ubah menjadi monoshock.

“Saya sempat pertimbangkan pakai sistem Cantilever (TZ750) atau hanya disisi kiri saja (Ducati Panigale) tapi tidak ada yang bisa menahan gerak yang benar dan mulus. Kelebihan lain yakni strukturnya sederhana dan juga bertujuan meningkatkan style,” katanya.

Wedge Motorcycle
Photographer: Hiromitsu Yasui. Instagram: @banbi1125

Soal bodi Takashi membuat siluet yang proporsional dari depan ke belakang. Tangki dibuat ulang mengikuti model standar tapi dengan ubahan untuk menonjolkan mesin. Ia membuat garis yang dirasa sesuai mulai dari lampu depan sampai ke buntut.

Tidak mengherankan kalau GL400 Cafe Racer karya Wedge Motorcycle mendapatkan apresiasi di event Yokohama Hot Rod Custom Show 2017 sebagai Best Motorcycle Domestic. (Agl/nm)

Special thanks to Tadashi Kohno and Hiromitsu Yasui

Spesifikasi:
Model: Honda GL400
Owner: Kentaro Nakazawa
Engine
・Carburetor: Standard
・Stainless Air Funnels
・One-off Stainless exhaust headers & Silencers
Chassis
・Frame: Standard modified、One-off Seat-Rail
・Swing Arm: Standard modified
・Front Fork: From Yamaha SR400 & modified
・Top Bridge: Aluminum for SR400
・Steering Stem: From Yamaha SR400 & modified
・Rear Suspension unit: Applied from the other model
・Around Front Brake Master Cylinder: Grimeca
Brake Caliper: Brembo 4pot
Brake Disk Rotor: Sunstar ‘Trad type  Brake Discrotor’
・Around Rear Brake Master Cylinder: Applied from the other model
Brake Caliper: Brembo 2pot
Brake Disk Rotor: Applied from the other model
・Wheels: DID Front 2.50 -18, Rear  4.00 -17
・Tire:Pirelli/Phantom Sportcomp Body
・Front Fender:removed
・Fuel Tank: Made One-off to Looks same to Standard Fuel Tank
・Seat Cowl: Made One-off
・Seat: Made One-off
・Step & Pedal: one-off
・Headlight: Mooneyes
・Meter: Motogadget
・Paint: Wedge Motorcycle
Builder: Takashi Nihira
http://wedge-motorcycle.tokyo
https://www.facebook.com/WedgePaintFactory
https://www.instagram.com/wedge_motorcycle/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here