Ini Kata Pembalap Jika Trek MotoGP 2018 Qatar Basah

0
Ini Kata Pembalap Jika Trek MotoGP 2018 Qatar Basah
Simulasi jika Trek MotoGP 2018 Qatar basah. Foto: motorsport.com

NaikMotor – MotoGP 2018 Qatar diperkirakan akan dalam kondisi cuaca hujan. Saat Tes MotoGP Qatar, Komisi Keselamatan melakukan simulasi balapan trek basah. Hasilnya? Ini kata Pembalap jika trek MotoGP 2018 Qatar basah pada media autosport.com.

Dalam waktu sekitar 2 minggu lagi musim MotoGP 2018 akan segera dimulai, (18/3/2018). Seri pembukaan musim FIM Road Racing World Championship Grand Prix 2018 itu akan berlangsung di Sirkuit Losail Internasional, Qatar. Namun, ada kekhawatiran balapan akan terganggu oleh hujan dan banjir yang diperkirakan akan melanda sirkuit. Sehingga penyelenggara sempat melakukan simulasi jika trek MotoGP 2018 Qatar basah di hari ketiga tes pramusim (3/3/2018).

Pada jam terakhir tes, trek telah disirami air agar para pembalap bisa mengenal trek basah jika balapan terpaksa dilakukan di tengah hujan dan lebih aman tentunya. Sebab seri Qatar tahun lalu, kualifikasi terpaksa dibatalkan akibat sirkuit tergenang, dan race diperpendek itupun setelah start diundur.

Pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi meski tidak turut dalam tes trek basah itu menyatakan visibilitas dan grip masih cukup baik. “Grip pada trek masih cukup normal meski ada air, kita bisa balapan di sana.”

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez tampaknya senada dengan Rossi, “Meski visibilitas tidak sebaik trek normal, terutama di tikungan, tetapi masih aman. Memang sedikit licin, tetapi jika hujan saat race nanti itu masih bisa dilanjutkan.”

Johann Zarco, yang tercepat di hari ketiga tes menyatakan hal yang sama, “Qatar beriklim panas, air akan cepat menguap, balapan akan berlangsung tuntas. Hanya soal visibilitas, karena pantulan lampu sorot di trek basah, tetapi itu bukan masalah besar.” (Afid/nm)

LEAVE A REPLY