Curtiss Warhawk, V-Twins yang Pertama dan Terakhir Hanya 35 Unit

0
Curtiss Warhawk yang Pertama dan Terakhir
Curtiss Warhawk V-Twins yang Pertama dan Terakhir buatan Curtiss. Foto: Curtiss Motorcycles

NaikMotor – Pabrikan sepeda motor eksotik Confederate telah berganti nama menjadi Curtiss Motorcycles. Produknya Curtiss Warhawk yang pertama dan terakhir bermesin V-Twins, hanya dibuat 35 unit.

Sejak Confederate berubah menjadi Curtiss pabrikan eksotik itu berencana tidak akan memproduksi lagi sepeda motor V-Twin berbahan bakar minyak. Curtiss hanya akan membuat sepeda motor listrik.

Meskipun faktanya, Curtiss yang diadopsi dari nama Glenn Custiss dan merupakan pionir penerbangan awal abad 20 serta pemegang rekor kecepatan dunia dua kali, salah satunya dengan sepeda motor, justru dikenal sebagai Bapak motor V-Twin Amerika Serikat. Selain itu, Confederate sendiri selama 27 tahun terakhir adalah pabrikan V-Twin eksotik sebelumnya, dengan desain neo-futuristik.

Curtiss Warhawk berdesain sebagai streetfighter yang menonjolkan otot metal, masih membawa garis desain Confederate. Warhawk pun masih berbasis dari Confederate P51 Fighter, bermesin V-Twin 2.163 cc, 150 daya kuda @ 5.100 rpm, dan torsi 217 Nm. Harganya sekitar Rp 1,5 Miliar, dan akan ditampilkan Quail Motorcycle Gathering 5 Mei 2018. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY