Ternyata Selama Tes MotoGP 2018 Buriram Honda Menggunakan Swing Arm Berbahan Serat Karbon

0
Swing Arm Berbahan Serat Karbon
Swingarm berbahan serat karbon pada Homda RC213V saat tes MotoGP Buriram. Foto: autosport

NaikMotor – Selama Tes MotoGP 2018 Buriram, Honda RC213V telah mendominasi sejak hari pertama. Selain motor baru, ternyata ada komponen baru yang menonjol yakni swing arm berbahan serat karbon.

Pada pembukaan Tes MotoGP 2018 Buriram, Pembalap LCR Honda Cal Crutchlow melesat terdepan. Di hari kedua giliran Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez menjadi yang tercepat, di bawah 1,5 menit, selanjutnya di hari terakhir, rekan setim Marquez, Dani Pedrosa menutup rekor putaran tercepat.

Pedrosa selama 3 hari tes ternyata telah melakukan sebanyak 271 putaran. Bersama Marquez, ia tengah menguji mesin baru RC213V, aero-fairing baru, setingan sasis baru, dan berbagai ban Michelin. Sekaligus simulasi untuk menghadapi seri MotoGP 2018 Buriram yang akan berlangsung Oktober 2018 nanti.

Tidak semua ban Michelin bisa dites dalam 3 hari itu, sebab ternyata lebih memfokuskan pada semua aspek motor, agar setahap demi setahap meningkatkan kecepatan dan pace, seperti yang dinyatakan Pedrosa kepada autosport. “Di antara komponen tes adalah swing arm berbahan serat karbon yang benar-benar baru bagi kami.”

Sebenarnya penggunaan swing arm serat karbon bukan hanya oleh Repsol Honda pada motor balapannya. Ducati telah menggunakan swing arm berbahan serat karbon sejak akhir 2009. Yamaha pernah mencobanya pada 2012, tetapi gagal menerapkannya untuk race, karena timbulnya getaran yang tak pernah ditemukan solusinya. Kelebihan swing arm serat karbon adalah kekakuannya setara dengan bahan aluminium tetapi jauh lebih ringan.

Tetapi kedua pembalap Honda itu masih belum merasakan perbedaan yang berarti dibandingkan dengan versi sebelumnya saat di Sepang. “Masih mencari feeling yang pas secara keseluruhan, sebab intinya pengujian terpenting tidak hanya di bagian swing arm, mudah-mudahan semakin positif di tes Qatar,” kilah Pedrosa. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY