Surprise! Rossi Buktikan Performa di QTT MotoGP Belanda

0
33
Rossi-QTT-Assen
Valentino Rossi membuktikan performa terbaiknya dengan menjadi pole position di kualifikasi MotoGP Assen 2015

Assen (naikmotor) – Valentino Rossi memang tidak biasanya tampil agresif di sesi kualifikasi. Pun tidak biasanya tertarik untuk melakukan setup terbaik motornya untuk sesi single lap. Namun posisinya yang mulai terkejar oleh rekan setim sendiri yaitu Jorge Lorenzo, memaksa pembalap kawakan itu untuk tampil agresif dan menemukan setup terbaik di sesi kualifikasi.

Momentumnya pun tepat, lantaran bersamaan dengan diturunkannya paket rangka terbaru yang sepertinya sangat cocok dengan gaya balap Rossi. Dimana sejak sesi latihan hari pertama lalu Ia tampil sangat kompetitif dan lebih baik dari pencapaian rekan setimnya.

Nah, di sesi kualifikasi yang baru saja berlangsung pada Sabtu sore (26/6) di Assen, sang juara dunia balap motor prototipe sebanyak 9 kali itu pun, meraih lap tercepat 1:32.627 detik. Pencapaian ini sangat sensasional, lantaran pole ini adalah yang kedua dalam 5 musim terakhirnya di MotoGP. Jadi bisa dibayangkan, betapa lamanya pembalap kawakan itu tak tampil kompetitif di sesi kualifikasi.

Tampil di urutan kedua, Aleix Espargaro yang mampu membawa Suzuki start di urutan perdana MotoGP Catalunya, kali ini kembali start di lini terdepan. Ia hanya berselisih 0,231 detik dari pencapaian Rossi. Meski Ia diuntungkan dengan penggunaan ban tipe soft, namun ini menjadi bukti bahwa Suzuki punya paket motor yang bagus.

Marc Marquez yang menggunakan rangka 2014, juga tampil menghuni lini start di barisan pertama. Selisihnya dari Espargaro memang sangat tipis, namun Ia tidak berdaya membendung performa terbaik Rossi di sesi single lap. Kemudian Dani Pedrosa dan Pol Espargaro menyusul di urutan keempat dan 5 besar.

Uniknya, Jorge Lorenzo malah terpuruk di urutan 8. Begitu juga dengan para pembalap Ducati yang biasanya tampil kompetitif di urutan 5 besar. Hasil ini tentunya memperlihatkan bahwa setiap putaran di MotoGP 2015, perubahan besar bisa saja terjadi. Apakah Rossi mampu kembali meraih kemenangan di Assen? kita lihat saja balapannya besok. (Spy/NM) Foto: Yamaha

Hasil kualifikasi MotoGP Belanda:
1. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) 1:32.627
2. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.231
3. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) +0.259
4. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) +0.360
5. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.386
6. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.389
7. Cal Crutchlow GBR CWM LCR Honda (RC213V) +0.401
8. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.415
9. Maverick ViƱales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* +0.449
10. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.485

 

LEAVE A REPLY

*