Aero-Fairing Kumis Lele Suzuki GSX-RR yang Membuat Rins Melesat

0
148
Kumis Lele Suzuki GSX-RR
Aero fairing Kumis Lele Suzuki GSX-RR telah mengantar Alex Rins tercepat kedua di Tes Buriram. Foto: gpone

NaikMotor – Ada berbeda dengan tunggangan Pembalap Suzuki Ecstar di Tes MotoGP 2018 Buriram. Ternyata memang, aero fairing berbentuk kumis lele Suzuki GSX-RR disukai Rins dan Iannone.

Suzuki memang mulai menggunakan motor balap ber-aero fairing itu sejak akhir musim di tes di Valencia, tes privat di Jerez, dan tes resmi di Sepang. Demikian pula saat tes IRTA di Buriram, kumis lele Suzuki GSX-RR baru digunakan Alex Rins dan Andrea Iannone sejak hari pertama.

Hasilnya memang lumayan, di hari pertama Tes Buriram, Rins berhasil menyodok ke posisi kedua tercepat. Sekilas kumis lele Suzuki GSX-RR itu mirip desain hiu kepala martil aero fairing Ducati tahun lalu. Tentunya kedua Pembalap menyambut positif keberadaannya.

Rins yang terpaksa berada di posisi ke-7 di tes hari kedua, (17/2/2018) akibat terjatuh menyatakan kumis lele itu telah membantu mengurangi gejala wheelie. “Tentang fairing baru, Saya rasa Saya merasa lebih baik saat wheelie (mengurangi),” kata Rins kepada media autosport.

“Motor MotoGP ban depannya sebaiknya tetap mendapat grip, sehingga menjadi lebih baik dengan aero fairing agar lebih mudah berakselerasi dan lebih cepat,” jelas Rins. “Sekaligus juga fungsinya sebagai anti wheelie dan tanpa kehilangan top speed.”

Davide Brivio, manajer tim Suzuki Ecstar menambahkan, “Alex memang gembira ketika menguji dengan paket aerodinamik itu, dan menguntungkan baginya. Kami akan mencari tahu lebih lanjut besok, dan tentu kami akan menggunakannya di Tes Qatar juga. Suzuki tampaknya sudah membaik dengan paket ini (aero fairing).”

Sementara, rekan setim Rins, Andrea Iannone berencana akan melakukan tes mendetail perbandingan antara GRSX-RR polos dengan ber-kumis lele di hari ketiga tes, Minggu (18/2/2018). Hasilnya, akan menentukan apakah kumis lele akan digunakan selama musim MotoGP 2018. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*