TVS Zeppelin Hybrid Konsep Motor Naked dengan 2 Penggerak Tenaga

0
TVS Zeppelin Hybrid
TVS Zeppelin Hybrid, naked dengan 2 penggerak. Foto: TVS, morebikes

NaikMotor – Pabrikan India yang beraliansi dengan BMW Motorrad kembali memperlihatkan konsep inovatif-nya, TVS Zeppelin Hybrid. Sebuah konsep naked/cruiser dengan 2 penggerak, motor listrik dan motor bakar (endothermic).

Konsep yang dihadirkan di Auto Expo 2018 India itu sepertinya menjadi konsep pertama India yang menerapkan hybrid pada model naked, sebab pabrikan lain tengah mencoba menerapkan pada skuter matik. Naked Hybrid sebelumnya pernah ditampilkan oleh Honda meski hanya sebagai aplikasi paten di Eropa 2 tahun lalu.

Sistem penggerak TVS Zeppelin Hybrid, mengandalkan motor bakar atau mesin pembakaran dalam atau kombusi sebagai penggerak utama. Mesin berbahan bakar bensin itu berkapasitas 220cc silinder tunggal yang menghasilkan 20 daya kuda @ 8.500rpm dan torsi 18,5 Nm @ 7.000rpm. Dengan penggerak akhir mengandalkan sabuk ke roda belakang.

Penggerak tambahannya, E-Boost adalah motor listrik 48VDC 1,2kW atau setara 1,6 daya kuda. Motor listrik itu selain pendukung gaya dorong pada flywheel, fungsi lainnya sebagai motor starter dan juga generator penghasil listrik. Fungsi penggeraknya akan dimulai saat Zeppelin Hybrid itu butuh tambahan torsi seperti saat kecepatan tinggi atau menanjak.

E-Boost akan berfungsi sebagai motor starter saat penyalaan Zeppelin. Dalam kondisi menyala normal, fungsinya berubah menjadi generator listrik untuk pengapian dan kelistrikan. Demikian pula saat perlambatan, sistem akan berubah menjadi generator regenaratif pengisi listrik baterai Lithium-ion 48VDC, tetapi dengan pengisian lebih cepat 20%.

Sistem hybrid pada Zeppelin adalah mild hybrid. Sistem serupa dengan SHVS yang diterapkan oleh Maruti Suzuki, tetapi pada mobil.

Sebagai aliansi BMW Motorrad, TVS banyak menerapkan komponen Apache RR310 atau model fairing BMW Motorrad G310R. Seperti pada garpu depan, sistem rem depan dan transmisi. Dengan demikian diperkirakan Zeppelin Hybrid akan segera diproduksi massal, paling tidak akhir 2018. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY