Bensin Baru Pertalite Segera Dipasarkan Usai Lebaran

0
Pertalite diluncurkan usai lebaran
Pertamina akan meluncurkan Pertalite yang memiliki RON90 usai Lebaran nanti

Jakarta (naikmotor) – Kemunculan bahan bakar bensin dari Pertamina, Pertalite, yang memiliki kadar oktan (research octane number) RON 90 dipastikan setelah Lebaran.

Pada acara media gathering yang digelar Gaikindo tadi malam (23/6/2015), pihak Pertamina selaku sponsor utama Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 menyatakan dukungannya karena akan menjadi ajang perkenalan inovasi produk-produknya.

Menyinggung soal bensin Pertalite yang digadang-gadang sebagai pengganti premium dan direncanakan diluncurkan Mei lalu, Muhammad Iskandar, Senior Vice President Fuel Ritel Marketing and Distribution Pertamina, mengungkapkan, “Pertalite RON90 akan diluncurkan setelah Lebaran tahun ini, tetapi tanggalnya masih menunggu momentum yang tepat, “ujarnya.

Soal harga, Iskandar menjelaskan, akan lebih tinggi dari premium Ron 88 sekitar 1.000-an rupiah. “Tetapi angka pastinya akan sangat tergantung harga minyak dunia, dan Pertalite tidak disubsidi Pemerintah,” tandasnya lagi.

Distribusi Pertalite baru direncanakan sebatas Pulau Jawa melalui SPBU yang lebih banyak idle penjualan salah satu jenis BBM-nya, seperti solar di pusat kota atau Pertamax Plus95 di luar kota.

Sebelum dipasarkan, Pertalite telah mengalami uji jalan dengan berbagai model mobil dan motor. Pertamina telah menggandeng berbagai badan yang kompeten seperti LIPI untuk mengujinya, baik menggunakan mesin karburator dan injeksi untuk induksi bbm bensinnya.

Hasilnya, rata-rata konsumsi bahan bakarnya lebih jauh jarak tempuh per kilo meternya dibandingkan Premium Ron 88 dan sedikit lebih pendek dibandingkan Pertamax92. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here