WSBK Malaysia, Peluang Realistis Rea Kunci Juara Dunia!

0
14

Rea-Takar-Juara-Dunia
Jonathan Rea menatap gelar juara dunia pertamanya bersama Kawasaki di WSBK Malaysia, Agustus mendatang

Misano (naikmotor) – Penyelenggaraan balap World Superbike Championship (WSBK) musim 2015, memang baru akan menjelang pertengahan tahun. Namun jumlah putaran pagelaran balap tipe motor yang diproduksi massal itu tinggal menyisakan 5 putaran dari total 13 putaran lagi ke akhir musim.

Dominasi Jonathan Rea pun sontak jadi pembicaraan hangat. Lantaran posisi terburuk yang Ia raih selama menjalani musim kompetisi 2015, yaitu finish di urutan kedua. Termasuk di WSBK Misano yang baru berlangsung akhir pekan kemarin (21/6). Jadi wajar kiranya jika kita sudah mulai bisa menakar peluang pembalap asal Inggris itu meraih titel juara dunia pertama di WSBK.

Secara total, jumlah keunggulan poin Rea atas rekan setimnya yaitu Tom Sykes yang bercokol di urutan kedua, berselisih 133 poin. Yaitu Rea dengan 375 poin dan Sykes mengantongi 242 poin. Jika dihitung total poin yang masih tersisa untuk diperebutkan adalah 250 poin dari 5 seri yang ada (asumsinya ada 2 race = 50 poin pada 1 seri).

Meski Sykes berhasil finish di urutan kedua, jika Rea berhasil meraih kemenangan sebanyak 4 kali dalam 2 putaran mendatang, maka secara selisih poin antara Rea dan Sykes bakal membengkak menjadi 153 poin. Artinya, tiga putaran yang tersisa dengan total perebutan 150 poin, tentunya tak cukup untuk mengejar poin Rea meski pembalap asal Inggris itu tak ikut balap 3 seri (6 race).

Asumsinya Rea akan meraih titel juara dunia di WSBK Malaysia (2/8), jika simulasi di atas menjadi kenyataan. Tapi titel juara dunia bisa lebih cepat dikunci oleh Rea, jika posisi finish Sykes lebih buruk. Apalagi konsistensi Rea musim ini memang terbukti ampuh. Apakah bakal jadi kenyataan? kita lihat saja pembuktiannya nanti. (Spy/NM) Foto: Dorna WSBK

Klasemen pembalap WSBK 2015 hingga seri 8:
1. Jonathan Rea, Kawasaki Racing Team: 375 poin
2. Tom Sykes, Kawasaki Racing Team: 242 poin
3. Leon Haslam, Aprilia Racing Red Devils: 226 poin
4. Chaz Davies, Aruba.it Ducati Racing: 213 poin
5. Jordi Torres, Aprilia Racing Red Devils: 140 poin
6. Sylvain Guintoli, PATA Honda: 127 poin
7. Davide Giugliano, Aruba.it Ducati Racing: 106 poin
8. Michael van der Mark, PATA Honda: 97 poin
9. Tati Mercado, Barni Ducati: 90 poin
10. Matteo Baiocco, Althea Ducati: 89 poin

LEAVE A REPLY

*