Pabrikan China Ini Bikin Mesin V-Twin Buat Dipasok ke Motor Italia

0
337
Mesin V-Twin
Shineray bakal memproduksi motor bermerek SWM menggunakan mesin sendiri. Foto: Visordown

NaikMotor – Shineray, pabrikan motor asal China sekaligus pemegang merek SWM asal Italia mengumumkan bakal memproduksi motor bermerek SWM menggunakan mesin sendiri. Menariknya mesin itu merupakan mesin V-twin yang jarang dibuat pabrikan Tiongkok.

Untuk menunjukkan keseriusan mereka, Shineray menunjukkan mesin tersebut di acara di Chongqing, China yang sekaligus menandai ulang tahun Shineray ke-20 tahun. Mesin yang dipertontonkan masih tahap prototipe dan punya dua emblem yakni Shineray dan SWM.

Mesin V-twin tersebut akan tersedia dalam empat pilihan kubikasi yakni 350, 550, 850 dan 1200cc berkonfigurasi DOHC dan berpendingin air. Untuk kelas 350cc mengincar biker pemula, kelas 550cc dan 850cc buat intermediate dan 1200cc buat yang berpengalaman.

Mesin V-Twin

Langkah Shineray ini makin menguatkan indikasi dari bentuk pergeseran pebarikan motor China yang kini mulai memproduksi mesin-mesin bongsor di atas 400cc. Dimana sebelumnya beberapa merek China yakni Chongqing Zhongwo dan Loncin HR7 juga merilis moge.

Tidak ada keterangan resmi kapan mesin ini akan dipakai ke motor produksi. Satu yang menarik dan layak ditunggu jika Shineray akan memproduksi SWM maka motor kemungkinan akan dijual global termasuk Eropa, dan benua biru bakal kemasukan moge Tiongkok.

SWM sendiri aslinya merupakan SV.VM singkatan dari Sironi Vergani Vimercate Milano yang didirikan pada tahun 1971 oleh Piero Sironi dan Fausto Vergani di Milan, Italia. SWM memproduksi motor enduro, motocross di tahun 70-an sampai bangkrut di akhir 80an.

Lama tertidur SWM akhirnya bangkit di ECIMA 2014 di Milan dengan menawarkan enam model baru baik on road mauun off road dengan kapasitas mesin antara 300-650cc. Salahs satu penyokong dananya yakni koporasi China Shineray Group.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*