Rawan Blong, Piaggio Tarik 1.856 Unit Aprilia RSV4 dan Tuono V4

0
142
Aprilia RSV4 dan Tuono V4
Aprilia RSV4 RF di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2017. Foto: Gilang.

NaikMotor – Piaggio Group America mengumumkan menarik 1.856 unit Aprilia RSV4 dan Tuono V4 terkait master rem yang tidak berfungsi seharusnya. Dimana dikhawatirkan master rem tidak mampu berkerja maksimal dan berpotensi mencelakai pengemudi.

Unit Aprilia RSV4 yang terdampak diproduksi antara tahun 2016-2017 dengan model termasuk tipe RR, Factory Superpole dan RF Superpole. Sedangkan Aprilia Tuono V4 yang terkena masalah hanya produksi 2017 termasuk model RR dan Factory Superpole.

Aprilia RSV4 dan Tuono V4
Aprilia Tuono V4. Foto: Daviessaudubon.org

Semua unit yang ditarik di Amerika menggunakan master rem dari Brembo. Sampai saat ini belum dipastikan apakah ada model lain di negara lain atau bahkan merek lain yang bakal terkena recall karena menggunakan Brembo.

NHTSA atau badan keselamatan lalu lintas Amerika Serikat mengatakan, master rem bermasalah karena piston penonjok cakram tidak bekerja seharusnya sehingga melanggar peraturan Federal Motor Vehicle Safety Standard no 122 tentang Motorcycle Brake Systems.

Aprilia dikabarkan sudah menghubungi konsumen yang memiliki unit terkait untuk segera ke bengkel yang ditunjuk untuk penggantian master rem. Diler akan mulai menerima konsumen mulai 15 januari 2018 sampai waktu yang belum ditentukan.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY

*