Edukasi Yamaha di Seri 2 Sunday Race R Cup Series 2015

0
Yamaha Sunday race seri 2
Ajang balap R-Series di Yamaha Sunday Race 2017 seri 2 akan dipentas 15-16 Juli 2017 di Sentul. Foto: Istimewa
Kemeriahan-Seri-2-Yamaha-Sunday-Race-R-Cup-Series-di-Sentul-International-Circuit
Kemeriahan Seri 2 Yamaha Sunday Race R Cup Series di Sentul International Circuit akhir pekan lalu

Jakarta (naikmotor) – Peningkatan jumlah starter di seri 2 Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015 akhir pekan lalu membuat Yamaha makin ketat soal safety.

Dengan total 232 starter, risiko terjadinya kecelakaan dan juga kecurangan sangat besar terjadi, karena itulah pihak Yamaha memperketat soal regulasi termasuk perlengkapan safety gear.

Kelas komunitas (community) menjadi favorit dan terus bertambah pesertanya dari berbagai daerah di luar Yamaha Revs CBU (YRCI), Yamaha R25 Owner Indonesia (YROI), Ravens United, R25 Owner Community on Kaskus (Rock), Yamaha R25 Riders Club Indonesia (YARRCI), R15 club. Karenanya,Yamaha membagi kelas komunitas menjadi kelas A dan B.

Membludaknya antusias dari kelas komunitas, pihak Yamaha Indonesia melakukan langkah potensial penyebaran knowledge atau edukasi. Mulai topik safety-gearnya, edukasi riding-skill (Yamaha Riding Analyzer) dan development motor balap.

Banyak yang diperoleh para peserta komunitas. Sebagai gambaran, menyangkut penggunaan chest protector, back protector, one piece racing suit menjadi kampanye Yamaha Sunday race bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI). Juga menyangkut wire-lock, oil-catch tank dan under cowling yang menjadi persyaratan safety sehingga harus terpasang di masing-masing motor pebalap.

“Tidak hanya soal safety, misal dalam pengisian air radiator yang harus dengan air agar lebih cepat menguap jika tumpah di sirkuit dibandingkan dengan coolant yang sifatnya licin di permukaan sirkuit, serta komunitas juga mempelajari dasar regulasi balap untuk motor,” ujar M. Abidin GM Aftersales dan Motorsports PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Ahmad Nuropik, salah satu rider dari club YROI asal Tegal melakukan debut fantastis di kelas 250cc komunitas B. Baru pertama kali turun di ajang balap, Ahmad Nuropik langsung naik podium ke-2 di seri ke-2, namun sayang akhirnya harus diskualifikasi setelah scruitineering motor.

Rider yang berusia 16 tahun itu pun mengaku puas dan senang, dan jika orang tua mengizinkan dunia balap akan ditekuni untuk jenjang karir ke depannya.

“Berbeda dengan kelas komunitas, pada kelas rider professional yang ikut ambil bagian lebih konsen dalam riset dan pengembangan motor balap R25. Mulai dari oil cooler, radiator besar, ECU setting, dan bore up mesin menjadi 280 cc, serta proses scruitineering setelah juara menjadi salah satu kunci di Yamaha Sunday Race Seri 2 ini,” jelas Supriyanto, Manager Motorsports YIMM. Terbukti pada seri 1 best time R25 yang 1”47 detik, pada seri 2 semakin cepat 1.45.352.

Hal senada juga di sampaikan oleh rider Hendriansyah, “Tim kami masih meriset untuk durability mesin pada saat balap karena kelas 250 cc ini termasuk dalam kelas baru,” ujar juara kelas 250cc Pro tersebut.

Tidak hanya edukasi pada rider dan komunitas, teknisi pun yang ikut bergabung dalam tim balap ikut belajar mengasah kemampuan mereka dalam mengeset motorsport injeksi Yamaha.

Aktivitas di luar balap cukup menarik perhatian pengujung. Mereka diberikan kesempatan untuk melakukan test ride produk terbaruYamaha dan beberapa booth yang menyediakan racing kit market menjadi daya tarik tersendiri. Semua vendor/sponsor yang mendukung event ini pun meraup untung yang signifikan dari sisi penjualan dan image. (rls/NM)
Hasil Seri 2 Yamaha Sunday Race R Cup Series 2015 :

600cc – Professional Rider :
1.Wilman Hammar – Yamaha Yamalube NHK IRC Nissin Bahtera Racing
2.Yoici Hosono  – Chunetsu Racing Team
3.Ardan Syauqi – TDR Racing

600cc – Community :
1.Dennis A. Sapulete  – Mimo-Privat Engineer
2.Febby Sagita – Dream Garage
3.Syarif Mahmud Alkadri  – MRT Daytona Pontianak

250cc – Professional Rider :
1.Hendriansyah – Yamaha Nissin BRT HRT KYT FDR Racing Team
2.IrwanArdiansyah – Yamaha Ardian Nissin KYT FDR Racing Team
3.Galang Hendra – Yamaha Tunggal Jaya

250cc Community A :
1.Hendy Rudy – Dream Garage
2.Felix – Racetech
3.Asep Supriatna – YROI

250cc Community B :
1.Ahmad Zakky – FSS YROI Racing Team
2.Febri Darmansyah – YROI
3.Ravindra – Ravens United

250cc Community B (Exhibition) :
1.TeguhWijaksana – YROI
2.R Eurolendra Dutanegara – Ravens United
3.Muhammad Hanif Rabbani – Ravens United

150cc Professional Rider :
1.Febrianus Balank – R9 Factory Racing Team
2.Nico Julian – Scarlet Ferrox Pro Speed VJRS
3.Hendriansyah – Yamaha Nissin BRT HRP KYT FDR Racing Team

150cc Community A :
1.Radityo Wibisiono – Invent Speed Boat DapurIbu R93
2. Rezha Setiawan – YROI Michelin Racing Team
3. Reza Satriana – Yamaha R15 Club Indonesia (YR15CI)

150cc Community B :
1. M Rizki Cahyadi – Yamaha R15 Club Indonesia (YR15CI)
2. Rahmat Hidayat – YR15CI Jakarta Racing Team
3. Ilham Novianto – R15ER

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here