Bos Johann Zarco di Yamaha Tech3 ‘Tertawakan’ Valentino Rossi

0
Monster Tech 3
Dorna Sport sudah mengatur bahwa semua tim satelit yang berada di MotoGP akan tetap berada hingga 2021. Foto: Istimewa

NaikMotor – Bukan hanya sekali Valentino Rossi mengatakan motor Yamaha M1 tahun 2017 lebih buruk dari musim 2016. Pernyataan Rossi itu pun dianggap mengarah pada penampilan Johann Zarco yang sukses di tahun pertamanya di MotoGP memakai M1 tahun lalu.

Namun pernyataan Rossi itu bertolak belakang dari bos tim Yamaha Tech3 Herve Poncharal. Ia menilai Rossi sebenarnya tidak perlu membocorkan kelemahan prototipe Yamaha M1 2017. Sebab pernyataan tersebut justruĀ  kontroversial mengingat ia ada di tim pabrikan.

“Jika demikian (M1 2017 lebih buruk dari versi sebelumnya), mereka akan langsung beralih ke versi 2016. Saya tidak tahu di mana kesalahannya, tapi ini tidak adil untuk menjelaskan hasil Johann yang kuat tahun ini,” ungkap Poncharal kepada Speedweek.

Johann Zarco
Keluhan Rossi tidak masuk akal buat pembalap pabrikan iri dengan pembalap satelit.

Sebab dengan menyatakan Yamaha M1 2016 lebih baik, Rossi pada dasarnya secara tidak langsung justru memantau perkembangan Johann Zarco. Padahal dalam beberapa kesempatan, di awal musim 2017 terutama ia menganggap Zarco pembalap yang agresif.

Pria asli Perancis ini menambahkan, ia selalu tertawa jika ada anggapan bahwa Yamaha Tech3 memiliki motor yang lebih baik ketimbang pembalap pabrikan. Padahal katanya, keluhan itu tidak masuk akal buat pembalap pabrikan iri dengan pembalap satelit.

“Saya selalu tertawa saat ada yang mengatakan paket kami yang lebih baik. Di Valencia pembalap pabrikan memutuskan memakai basis motor 2016 karena mereka harus lebih cepat dari Zarco. Padahal kami tidak memilikinya. Saya tidak hanya bermaksud motor, tapi juga mesin, sasis, damper dan aerodinamis,” katanya.(Agl/nm)

LEAVE A REPLY