Menunggu Kejutan Suzuki di MotoGP Catalunya

0
25
Aleix Esparagaro membuat kejutan dengan meriah pole position di kualifikasi MotoGP Catalunya

Aleix Esparagaro membuat kejutan dengan meriah pole position di kualifikasi MotoGP Catalunya
Aleix Espargaro (Suzuki) membuat kejutan dengan meriah pole position di kualifikasi MotoGP Catalunya

Catalunya (naikmotor) – Pengorbanan pihak Suzuki untuk melakukan riset dan pengembangan paket komponen mesin dari pembalapnya, akhirnya terjawab sudah. Di sesi kualifikasi MotoGP Catalunya, Spanyol yang berlangsung hari ini Sabtu (13/6), kedua pembalapnya meraih hasil sangat kompetitif.

Aleix Espargaro berhasil mengamankan lap tercepat 1:40.546. Pencapaian ini bahkan mematahkan rekor lap tercepat yang pernah dicetak Dani Pedrosa di sirkuit tersebut tahun 2013 lalu. Pencapaian lainnya adalah karena Espargaro adalah pembalap pertama yang meraih pole bersama Suzuki sejak Chris Vermeulen meraihnya di MotoGP Assen, Belanda 2007 silam.

Tidak cukup hanya menempatkan Espargaro di urutan terdepan, Maverick Vinales yang merupakan rekan setimnya, juga mampu tampil di urutan kedua. Selisih lap tercepatnya malah hanya berselisih 0,083 detik. Hasil ini menjadi acuan, bahwa pengembangan Suzuki memang sudah berada di jalur yang benar.

Namun tentunya ini bukanlah akhir, lantaran kompetitifitas di sesi balapan bakal jadi bukti yang besar. Kelemahannya adalah karena pembalap Suzuki takkan bisa menggunakan ban dengan kompon keras pada bagian belakang. Jadi jika temperatur lintasan berada di atas level normal atau cukup tinggi, diprediksi pembalap Suzuki bakal kesulitan. Begitu juga dengan Ducati yang tidak memiliki akses ke ban dengan kompon yang sama dengan tim manufaktur lainnya.

Pembalap yang cukup konsisten mengawal performanya di urutan terdepan, hanya ditunjukkan oleh Jorge Lorenzo. Sang jawara di 3 seri terakhir itu, masih akan jadi man to beat dan akan mengawali balapan dari grid start ketiga. Kemudian disusul oleh Marc Marque di urutan keempat, Andrea Dovizioso di grid kelima dan Dani Pedrosa di urutan keenam. Sementara Valentino Rossi bakal mengawali balapan dari grid start ketujuh.

Hmm, jika Suzuki mampu tampil kompetitif di sesi balapan, maka bisa dipastikan pertarungan meraih kemenangan di putaran ini bakal seru. (Spy/NM) Foto: Suzuki Racing

Hasil kualifikasi MotoGP Catalunya:
1. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) 1:40.546
2. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* +0.083
3. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.100
4. Marc Marquez ESP Repsol Honda Team (RC213V) +0.208
5. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.361
6. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) +0.382
7. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.512
8. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.522
9. Cal Crutchlow GBR CWM LCR Honda (RC213V) +0.649
10. Yonny Hernandez COL Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.2) +0.787
11. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.839

12. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.978

LEAVE A REPLY

*