Iannone Amankan Pole, Marquez Start 13 di MotoGP Italia

0
Iannone-Mugello
Andrea Iannone penuhi ambisi Ducati meraih pole position di kualifikasi MotoGP Mugello

Mugello (naikmotor) – Ambisi pembalap Ducati untuk mengamankan posisi start di urutan pertama, memang sangat besar. Lantaran terakhir kali mereka meraih posisi start terdepan, ketika Ducati baru merekrut Casey Stoner tahun 2007 lalu. Namun setelah itu, Ducati tak lagi pernah mengamankan posisi start di urutan terdepan.

Namun hari ini Sabtu (30/5) Ducati tak hanya mengamankan posisi start terdepan di kandang sendiri, namun juga kembali mengamankan top speed tertinggi di sesi latihan bebas keempat melalui Andrea Iannone dengan 351 km per jam. Ducati pun merasa sangat girang.

Terlebih ketika Iannone melanjutkan performa terbaiknya di sesi kualifikasi kedua dengan mengamankan posisi start terbaik. Pencapaian lap timenya kali ini adalah 1:46.489. Kemudian disusul oleh Jorge Lorenzo di urutan kedua dengan selisih sangat tipis 0,095 detik.

Meski Andrea Dovizioso yang awalnya punya ekspektasi tinggi mencetak hasil terbaik di sesi ini, namun pembalap asal Italia itu tak kuasa untuk mendepak rekan setim dan Lorenzo dari posisi terdepan. Disusul oleh Cal Crutchlow dan Aleix Espargaro di urutan 5 besar.

Sayangnya Valentino Rossi dan Dani Pedrosa yang berupaya keras meraih hasil terbaik, kali ini tak kunjung menguasai lap tercepat yang baik. Meski demikian selisih dari pembalap tercepat hanya berada di 0,4 detik. Dari hitungan simulasi race, mungkin akan tertinggal, namun strategi balap kadang berbeda dengan strategi di sesi kualifikasi.

Paling apes adalah Marc Marquez. Pembalap andalan tim Repsol Honda itu malah tak mampu lolos ke kualifikasi kedua. Kemungkinan besar ini diakibatkan Ia tidak begitu klop dengan setup motornya. Lantaran di sesi latihan bebas keempat, Ia terjatuh hebat. Apakah Ia mampu memperbaiki performanya saat balapan besok? kita lihat saja. (Spy/NM) Foto: Ducati

Hasil kualifikasi kedua MotoGP Mugello:
1. Andrea Iannone ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) 1:46.489
2. Jorge Lorenzo ESP Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.095
3. Andrea Dovizioso ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.121
4. Cal Crutchlow GBR CWM LCR Honda (RC213V) +0.168
5. Aleix Espargaro ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR) +0.365
6. Michele Pirro ITA Ducati Team (Desmosedici GP15) +0.381
7. Dani Pedrosa ESP Repsol Honda Team (RC213V) +0.386
8. Valentino Rossi ITA Movistar Yamaha MotoGP (YZR-M1) +0.434
9. Maverick Viñales ESP Team Suzuki Ecstar (GSX-RR)* +0.445
10. Pol Espargaro ESP Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.561
11. Bradley Smith GBR Monster Yamaha Tech 3 (YZR-M1) +0.601

12.Yonny Hernandez COL Octo Pramac Racing (Desmosedici GP14.2) +0.934

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here