Jaga Tradisi Betawi, BBMC Jakarta Chapter Berlatih Silat Beksi

1
316

BBMC-Jakarta-Chapter-Silat-Beksi-Betawi_4
Jakarta (naikmotor) – Bikers Brotherhood MC (BBMC) Indonesia tidak sekadar penggemar motor tua, ikatan persaudaraannya yang kuat juga membahana sampai melanggengkan budaya.

Suasana Kampung Betawi Setu Babakan, Jagakarsa Jakarta Selatan, Minggu pagi (24/5) mendadak riuh dengan kehadiran puluhan motor tua beraneka jenis, Triumph, BSA, AJS dan sebagainya. Ya, mereka adalah anggota Bikers Brotherhood MC (BBMC) Jakarta Chapter yang hari itu merealisasikan salah satu pilar programnya, Brotherhood for Culture.

Salah satu tujuannya adalah mempelajar silat Beksi sebagai warisan tradisi adat Betawi dalam hal seni bela diri. Kata ‘Beksi’ aslinya berasal dari bahasa China, Bek berarti pertahanan, Si berarti empat. Sehingga Beksi berarti empat pertahanan.

Menurut Vice President BBMC Jakarta Chapter, Herry Gotri Satriawan, kegiatan ini selai sejalan dengan program BBMC Brotherhood for Culture, juga sarana melatih kebugaran fisik.” Kita panggil pendekar di sini untuk memberikan training dasar pengetahuan jurus-jurus silat Betawi Beksi. Bukan sekadar Life Member yang ikut, namun juga para Prospect dan Virgin kita ajak untuk berolahraga sambil belajar budaya asli Betawi ” jelasnya.

Dengan mengenakan baju khas adat Betawi, aksi anggota BBMC berlatih silat menjadi tontonan pengunjung Kampung Betawi Sertu Babakan. “ Ternyata tidak semudah yang kita lihat, hanya belajar kuda-kuda saja pegelnya minta ampun,”jelas Adi Pilot, member BBMC Jakarta Chapter. (Arif/nm) Foto: BBMC Jakarta Chapter

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

*