Mesin Desmosedici V4 Stradale Upaya Ducati Kompetitif di WSBK, Ini Speknya

0
Desmosedici V4 Stradale
Ducati resmi memperkenalkan mesin baru mereka Desmosedici V4 Stradale. Foto: Crash

NaikMotor – Jelang press conference perdana MotoGP Misano, Kamis malam (7/9/2017) waktu setempat, Ducati resmi memperkenalkan mesin baru mereka Desmosedici V4 Stradale. Mesin yang disebut akan membawa babak baru bagi perusahaan asal Italia itu.

Bos Ducati, Claudio Domencali mengatakan, Desmosedici V4 Stradale merupakan ‘permata’ teknologi Ducati. Mesin baru ini dibuat untuk menunjukkan vitalitas motor-motor Ducati, dan nantinya berperan sebagai investasi dalam pengembangan produk baru.

“Mesin ini juga menunjukkan kolaborasi yang erat antara Ducati Corse dan kelompok pengembangan sepeda motor produksi, dan berapa banyak balap yang mampu mengembangkan teknologi yang kemudian dapat digunakan untuk model standar,” katanya.

Ducati Desmosedici V4 Stradale

Ducati mengonfirmasi motor produksi masal pertama yang bakal mengusung Desmosedici V4 Stradale adalah Ducati Panigale V4. Motor baru itu akan debut dunia pertama kali dan resmi dipresentasikan di pameran EICMA, Milan, pada 5 November 2017.

Lebih jauh, Desmosedici V4 Stradale juga merupakan upaya Ducati menancapkan taji di World Superbike (WSBK). Seperti diketahui, motor-motor WSBK merupakan motor produksi massal dan saat ini Ducati mengandalkan basis Ducati Panigale R.

Desmosedici V4 Stradale ada dua tipe, untuk versi jalan raya memiliki kapasitas 1.100 cc dan mampu mengeluarkan oputput 210 Hp. Sedangkan buat WSBK kapasitasnya dibatasai 1.000 cc namun kurva daya dimanipulasi sedemikian rupa supaya memuntahkan power lebih besar.(Agl/NM)

Technical specification Desmosedici V4 Stradale

Engine type: 1.103 cc, 90° V4 with reverse-rotating crankshaft
Bore x stroke: 81 x 53.5 mm
Compression ratio: 14:01
Max power: More than 210 Hp @ 13,000 rpm*
Max torque: More than 120 Nm (88.51 lb-ft) from 8,750 to 12,250 rpm*
Firing order: “Twin-Pulse” firing order with crankshaft-pins staggered by 70 degrees
Timing system: Desmodromic timing system with chain and dual overhead camshafts, 4 valves per cylinder
Lubrication: Semi-dry sump lubrication with four oil pumps: 1 delivery and 3 returnAir intake: Four oval throttle bodies with an equivalent diameter of 52 mm, connected to variable length intake manifolds

 

LEAVE A REPLY