3.368 BMW Rnine T Direcall Karena Masalah Pin Pivot Swingarm Kendor

0
Masalah Pin Pivot Swingarm
Sebanyak 3.368 unit BMW Motorrad Rnine T bermasalah pada Pin Pivot Swingarm. Foto: Motorcycle

NaikMotor – Sebanyak 3.368 unit BMW Rnine T direcall karena masalah pin pivot swingarm yang mudah longgar. BMW Rnine T yang bermasalah adalah produksi 2014-2017. Varian lainnya: Scrambler, Racer, Urban G / S dan Pure tidak tercantum dalam dokumentasi recall.

Sepertinya BMW Motorrad tengah dilanda masalah untuk pertengahan tahun ini di Amerika Serikat. Pasalnya, sebelumnya model-model lain seperti BMW Motorrad R1200GS dan R1200GS Adventure, C650GT dan C Evolution, serta R1200RT-P polisi-spec pun direcall dengan masalah yang berbeda.

Menurut dokumen yang dikeluarkan oleh National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA), baut yang menghubungkan pin pivot swingarm sisi kanan ke frame mudah longgar. Pihak BMW Motorrad menyebutkan masalah tersebut akibat kesalahan proses perakitan oleh Walter Automobiltecnik, dimana proses pemotongan chamfer pada frame tidak sesuai dengan spesifikasi. Akibatnya, baut tidak menjepit dengan benar, meski torsinya sesuai.

Pin pivot swingarm sisi kanan yang longgar dapat mempengaruhi handling dan stabilitas R NineT, meningkatkan risiko kecelakaan. Unit yang bermasalah diketahui karena menghasilkan suara berderak atau suara tidak biasa.

Kasus masalah pin pivot swingarm pertama kali dilaporkan pada April 2016 pada sebuah BMW Motorrad R NineT di Turki. BMW mulai melakukan pemantauan lapangan setelah laporan awal ini. Dari bulan Mei sampai November 2016, BMW menerima tiga keluhan lagi terkait penanganan masalah dan pin pivot yang longgar.

BMW menerima dua keluhan lagi dari bulan April sampai Juni 2017, salah satunya yang diduga kehilangan kendali dengan roda kendor. Laporan tersebut membuat BMW melakukan pemeriksaan torsi baut pin pivot pada stok internal BMW. Kajian tersebut menemukan berbagai tingkat baut longgar.

Analisis gambar teknik, spesifikasi dan gambar CAD menunjukkan pin pivot mungkin tidak diposisikan dengan benar karena ada talang yang tidak sesuai spesifikasi.

Penanganannya, pihak diler akan mengundang unit BMW Rnine T terkait masalah pin pivot swingarm itu. Kemudian akan melepas baut pin pivot pada model recall, membersihkannya lalu memasangnya kembali dengan torsi dan perekat yang benar. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here