Prosedur Baru Bike Swap Akan Dicoba saat FP2 MotoGP 2017 Silverstone

0
Prosedur baru bike swap
Saat FP2 MotoGP 2017 Sioverstone, prosesur baru flag-to-flag akan dicobakan. Foto: eurosport

NaikMotor – Setelah terjatuhnya pembalap Suzuki Ecstar MotoGP Andrea Iannone akibat pembalap Aprilia Aleix Espargaro lepas terlalu dini dari pit usai flag-to-flag di MotoGP 2017 Brno. Maka komisi keselamatan menetapkan prosedur baru bike swap akan dicoba saat FP2 MotoGP 2017 Silverstone.

Hasil pertemuan Safety Commission di Austria pada seri lalu akan menetapkan prosedur baru bike swap atau flag-to-flag itu. Prosedur baru itu telah disampaikan Race Director MotoGP kepada para tim untuk dicoba pada saat Free Practise 2 MotoGP 2017 Silverstone, Inggris, Jumat (25/8/2017).

flag-to-flag motogp 2017

Prosedur baru itu seperti tergambar pada sketsa yang ditweet oleh reporter Eurosport Perancis, Vanessa Guerra di Twitter-nya. Prosedur baru akan memberikan ruang lebih luas di jalur pit mencegah tabrakan, karena motor harus sangat dekat dengan pit. Motor yang datang harus diparkir di belakang motor kedua (pengganti).

Ketentuan lainnya, motor yang datang harus dalam sudut 45°, sementara motor kedua pun harus diparkir dengan sudut 45°. Motor yang datang harus diparkir di belakang motor pengganti.

Setelah pembalap telah berganti ke motor kedua, ia harus menunggu aba-aba dari kru yang memegang rambu seperti lollipop pada F1. Lollipopman itu bertugas mengawasi kondisi sekitar terutama bagian belakang pembalap dan akan melepas pembalap setelah kondisi sekelilingnya aman.

Mengenai prosedur baru swap bike alias Flag-to-Flag itu berbagai komnetar bermunculan dari pembalap, seperti Cal Crutchlow yang mengeluhkan penerapan flag to flag baru mengharuskan penambahan personal baru sebagai lollipop man. Sementara Marc Marquez akan tetap mencoba prosedur baru itu meskipun sebenarnya menurutnya ia tidak terlalu menyukainya. Karena jarak antar motor pastinya akan berjauhan, tidak seperti sebelumnya yang bersisian rapat. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY