Hormati Angel Nieto, Sirkuit Jerez Ganti Nama Jadi Angel Nieto de Jerez

0
76
Angel Nieto de Jerez
Untuk menghormati Angel Nieto, Sirkuit Jerez berencana untuk mengubah namanya menjadi sirkuit Angel Nieto de Jerez. Foto: Morerebikes

NaikMotor – Legenda balap motor Spanyol Angel Nieto tutup usia belum lama ini. Untuk menghormati pemilik gelar 13 kali juara dunia itu, Sirkuit Jerez mengganti namanya menjadi sirkuit Angel Nieto de Jerez.

Bos Dorna, Carmelo Ezpeleta diketahui sudah menghubungi walikota Jerez, Mamen Sanchez Diaz supaya perubahan nama itu cepat terlaksana. Disebutkan, jika keluarga tidak menentang, maka niat tersebut segera dilakukan.

Buat beberapa pihak, sudah sewajarnya nama Angel Nieto diabadikan ke dalam nama Sirkuit Jerez. Sebab Nieto bukanlah pembalap sembarangan. Di awal karier balapnya tahun 60-an, ia sudah balapan di Jerez di kejuaraan “Trofeo de la Merced.”

Tribute buat Angel Nieto

Angel Nieto dikenang sebagai salah satu tokoh olahraga terkemuka Spanyol. Selama 22 tahun karier balapnya yang membentang dari tahun 1964 sampai 1986, dia mampu meraih 90 kemenangan balapan Grand Prix, dengan total 13 kali menyabet gelar Juara Dunia.

Nieto total meraup gelar juara dunia di kelas yang berbeda 50cc (6 kali) dan 125cc (7 kali) dengan membukukan total 139 podium. Hasil itu dibuatnya lewat berbagai motor mulai dari merek Derbi, Bultaco, Garelli, Minarelli dan Kreidler.

Seperti diketahui, Angel Nieto meninggal akibat kecelakaan lalu lintas Juli lalu. Ia ditabrak pengemudi mobil yang membuatnya terpental mengakibatkan cedera kepala parah. Sebelum menghembuskan nafas terakhir, ia sempat dirawat seminggu lebih di rumah sakit.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*