Motor Custom Suzuki Thunder 250 Boardtracker ‘Captain’ Insan Motor

0
753
Motor Custom Suzuki Thunder 250 Broadtracker 'Captain' Insan Motor
Motor custom boardtracker Suzuki Thunder 250 garapan Insan Motor Bekasi tampil di Indonesia Motorcycle History 2017. Foto: Yusuf Arief

NaikMotor – Display NaikMotor.com di Indonesia Motorcycle History (IMH) 2017 akhir pekan lalu di Synthesis Residence Kemang rupanya cukup menarik perhatian pengunjung. Bukan apa-apa, display yang tidak seberapa itu bisa bikin mata melirik karena ada motor custom Suzuki Thunder 250 bergaya Boardtracker garapan Insan Motor.

Di pameran IMH 2017 yang digagas oleh Mastomcustom itu, sosok motor artistik tersebut memang bukan full gress tapi sudah pernah tampil di Kustomfest 2016. Namun karena indah dipandang tentunya layak buat pajangan. Apalagi motor berbasis Thunder 250 itu sesuai dengan tema IMH yang mengangkat sejarah Suzuki di Indonesia.

Singkat cerita, Yustinus Erwan Santoso, diberi tugas oleh klien untuk mengubah Suzuki Thunder 250 miliknya karena bosan bentuk motor naked. Alih-alih bermain aman, dan tentunya atas persetujuan sang klien, pria yang akrab disapa Yus ini mengambil desain klasik boardtracker.

Motor keluaran 2002 itu pun langsung dipereteli agar bisa dicustom. Hebatnya Yus membuat desain rangka yang cukup unik. Yus meracik tulang punggung di atas mesin menggunakan pelat 7 mm yang mengapit pipa seamless diameter 2 inci tebal 8 mm.

Main frame ini jadi center point soal detailing dan menarik perhatian karena tengahnya bolong-bolong. Jika ditelisik, dimensi di depan dekat komstir lebih lebar dari belakang di dekat jok. Sedangkan arm dan bagian bawah mesin pakai pipa seamles.

Tidak selesai sampai situ, karena sasisnya terdiri dari tiga bagian, Yus membuatnya bisa dipereteli sebagian. “Saya rancang supaya bisa knock-down yang terdiri dari rangka utama atas mesin, rangka bawah mesin, serta bagian rigid arm belakang,” kata Yus.

Meski sambungannya jadi banyak, Yus menjamin sasis buatannya kuat dan minim getar. “Saya bikin 2 gitu (main frame dan dudukan bawah mesin-Red) biar proses pelepasan mesin mudah, kalo arm juga supaya lebih enak,” katanya. “Enggak ada geter, kuat,” katanya.

Terakhir soal warna, Yus melabur motor custom Suzuki Thunder 250 dengan kelir silver supaya motor jadi sleek. Sebagai pemanis, ia memberi sentuhan pinstripe merah di fender belakang dan tangki lengkap dengan tulisan ‘Captain,’ yakni julukan buat almarhum anaknya yang meninggal tidak lama setelah lahiran.

Nama Captain merupakan penghargaan buat Christian Evans Santoso sang anak. “Panggilan Captain karena namanya mirip pemeran tokoh Captain America, Chris Evans. Atas persetujuan pemilik motor ini diberi nama Captain, dan jadi maskot Insan Motor Bekasi,” pungkasnya.(Agl/NM)

Great Job bro,,

Spesifikasi:
Rangka: Custom Insan Motor
Tangki: Custom Insan Motor
Ban: Metzeler Tourance 90/90-21
Pelek: DID Suzuki TS125
Girder fork: Custom Insan Motor
Pinstripe: Tompelz, Jakarta Selatan
Jok: Vallens Jok

Workshop:
Insan Motor Bekasi
Jl. Swatantra V/50, Jatiasih, Bekasi
Telp. 081210189845

LEAVE A REPLY

*