Yamaha Factory Racing Raih Hat-Trick di Suzuka 8 Hours

0
45
Yamaha Factory Racing
Yamaha Factory Racing berhasil menyabet podium 1 Suzuka 8 hours 2017 sekaligus mempertahankan gelar ketiga sejak 2015. Foto: Istimewa

NaikMotor – Raih superpole, tim pabrikan Yamaha Factory Racing berhasil mempertahankan gelar sekaligus menyabet podium 1 Suzuka 8 hours 2017. Kemenangan kali ini merupakan gelar ketiga alias hat-trick sejak sejak 2016

Kemenangan kali ini diklaim spesial karena bertepatan dengan gelaran 40 tahun Suzuka 8 Hours. Yamaha Factory Racing berhasil mengalahkan tim pabrikan Team Green Kawasaki dan tim satelit F.C.C. TSR Honda yang finis di tempat kedua dan ketiga.

Triplet Katsuyuki Nakasuga, Alex Lowes dan Michael van der Mark masuk dalam sejarah Suzuka 8 Hours menjadi tim kedua yang berhasil mempertahankan gelar tiga kali berturut-turut, sejak Team Cabin Honda yang menang dari tahun 2000 sampai 2002.

Katsuyuki Nakasuga, Alex Lowes dan Michael van der Mark

Selain mempertahankan gelar, tim Yamaha Factory Racing juga berhasil menciptakan rekor baru di Suzuka 8 Hours. Alex Lowes mencatat waktu tercepat 2 menit 06.932 detik, mengalahkan rekor sebelumnya milik Ryuichi Kiyonari dengan 2 menit 07.943 detik tahun 2012.

Di awal lomba Yamaha Factory Racing bersaing ketat dengan Team Green Kawasaki sampai pembalapnya Leon Haslam tergelincir. Yamaha Factory Racing dan tim pabrikan Honda, Musashi RT Harc-Pro Honda yang berada di belakangnya kemudian mengambil alih lomba.

Fight antara Yamaha Factory Racing dan Musashi RT Harc-Pro Honda akhirnya dimenangkan Yamaha setelah Takaaki Nakagami kecelakaan dan menyebabkan Musashi RT kembali ke posisi ke-4. Lepas dari Honda membuat Yamaha tampil sendirian sampai akhir lomba.

Yamaha Factory Racing raih superpole

Podium ke-2 milik Team Green Kawasaki setelah Kazuma Watanabe, Leon Haslam dan Azlan Shah Bin Kamaruzaman setelah motor F.C.C. TSR Honda terbakar dan harus puas berada di tempat ke-3. Tim satelit yang diperkuat Dominique Aegerter, Randy de Puniet dan Josh Hook itu terbakar, dan membuat Randy de Puniet harus masuk pit.

Di tempat ke-5 di belakang Musashi RT Harc-Pro Honda (Takumi Takahashi, Jack Miller dan Takaaki Nakagami), ditempati Tim EWC YART Yamaha bersama pembalap Broc Parkes, Kohta Nozane dan Marvin Fritz yang tampil konsisten sejak awal lomba.

Tempat ke-6 milik Honda Dream Racing, tempat ke-7 Yoshimura Suzuki Motul Racing. Satu Hati Honda Team Asia, yang diperkuat pembalap Indonesia, Dimas Ekky Pratama, berada di posisi ke-8. MotoMap Supply Future Access ditempat ke-9 dan Honda Dream RT Sakurai Honda di posisi ke-10.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*