Baru, Mesin Motor BMW R1200GS Dilengkapi Katup Variabel

0
173
R1200gs dilengkapi katup variabel
Mesin penggerak adventure BMW R1200GS akan ditingkatkan kapasitasnya dan dilengkapi VVT. Foto: BMW Motorrad

NaikMotor – Mesin Boxer selama ini lekat dengan BMW R series, termasuk sebagai penggerak adventure BMW Motorrad R1200GSTetapi kini mesin R1200GS dilengkapi katup variabel agar lebih tangguh.

Tetapi, bukan hanya melengkapi sistem pembuka katup dengan variable valve timing (VVT) tetapi kapasitas mesin akan ditingkatkan menjadi 1.250 cc yang semula 1.170cc. Sehingga mesin boxer berpendinginan cairan itu akan lebih bertenaga menghadapi persaingan segmen yang populer itu.

Dengan menerapkan teknologi VVT itu membuat BMW Motorrad menjadi pabrikan kedua setelah Ducati dengan DVT, khususnya pada model adventure. Penerapan VVT itu artinya mesin diharapkan akan menghasilkan keseimbangan torsi dan tenaga puncak pada putaran rendah hingga menengah. Selain itu, tenaga puncak akan menampilkan kurva datar hampir pada semua pada putaran.

Seal fork BMW R1200GS Bocor

Sebelumnya, Ducati pertama kali menerapkannya pada adventure Multistrada. Pada putaran menengah hingga tinggi sistem katup variabel tu akan membuat bukaan katup overlap sebesar 11 derajat. Hal ini untuk mempercepat pembuangan emisi gas sekaligus membuat kevakuman saat intake untuk meningkatkan volume campuran udara dan bahan bakar intake. Hasilnya, tenaga puncak dihasilkan sejak awal putaran menengah hingga tinggi.

Dengan penerapan teknologi itu BMW Motorrad diharapkan akan tetap menjadi penyumbang separuh penjualan unit BMW per tahunnya. BMW R1200GS dan R1200GS Adventure saat ini dilengkapi dengan mesin boxer atau horizontally opposed dua silinder yang menghasilkan 125 daya kuda. Sayangnya, belum diketahui sebesar tenaga keluarannya, jika R1200GS dilengkapi katup variabel.

Sementara Multistrada dengan mesin L-Twin 1200 DVT nya telah menghasilkan 160 daya kuda. Multistrada bahkan akan lebih bertenaga di masa depan, Ducati tengah menyiapkan mesin 1.260cc. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*