Kupas Honda CBR1000RR SP2 untuk Merebut Mahkota Suzuka 8 Hours

0
119
Honda CBR1000RR SP2
Honda CBR1000RR SP2 race base yang siap menghadapi Suzuka 8 Hours. Foto: Honda

NaikMotor – Honda dalam dua tahun terakhir kehilangan posisi teratas di balapan ketahanan yang epik di Jepang. Tak mau gagal lagi kini mereka menyiapkan senjata pamungkas Honda CBR1000RR SP2 untuk merebut mahkota Suzuka 8 Hours kembali setelah tiga tahun lepas.

Honda yang tercatat telah menjadi jawara Suzuka 8 Hours sebanyak 27 kali, tak berhasil menguasai balapan ketahanan tahunan di Jepang itu pada 2015, dan 2016. Balapan itu penting bagi pabrikan Jepang sebab menyangkut harkat dan martabat mereka di panggung dunia.

Suzuka 8 Hours yang tahun inii mencapai usia ke-40 merupakan salah satu seri dari Endurance World Championship (EWC). Selain itu, sirkuit Suzuka  dinilai sebagai salah satu lintasan legendaris, paling spektakuler sekaligus berbahaya, belum lagi cuaca panas.

Untuk itulah Honda merancang khusus CBR1000RR SP2 race base khusus untuk menghadapi Suzuka 8 Hours itu. Motor ini menjadi salah satu tunggangan yang akan digunakan oleh Jack Miller, pembalap Estrella Galicia 0,0 Marc VDS Honda MotoGP, tetapi di Suzuka, Miller akan membela Musashi RT Harc Pro Honda, tim pabrikan Honda bersama duet pembalap Pata Yamaha WSBK, Alex Lowes dan Michael van der Mark.

Honda CBR1000RR SP2 race base diperkenalkan sejak Maret 2017 yang siap digunakan oleh tim Honda di Suzuka 8 Hours. SP2 merupakan sportbike legal street yang siap memenuhi homologasi balapan, bahkan mesinnya dikembangkan dari RC213V MotoGP dan tersedia HRC race kit-nya jika diperlukan.

Untuk memenuni ketentuan Suzuka 8 Hours Honda CBR1000RR SP2 race base telah diubah dan sedikit berbeda dengan SP2 street legal. Beberapa partnya diganti dengan komponen eksklusif racing, tetapi diklaim semua ubahannya termasuk lower cost.

Pada SP2 race base lampu-lampu (1) pastinya dilepas, grafis dan cat untuk model komersial pun tidak ada, beberapa panel dan fender belakang dicabut. Sistem rem depan seperti kaliper kini menggunakan produk Tokico, suspensi depan dan belakang produk Showa, pelek menggunakan produk Enkei.

Di bagian mekanikal (2), knalpot tidak lagi menggunakan katalitik, katup diganti, dan sistem ABS dilepas, serta tangki kini berbahan baja.

Ubahan lainnya (3) menyangkut sistem pendinginan mesin. Radiator, oil cooler dan selang-selang salurannya telah diganti dengan tipe high density.

Sehingga dengan ubahan-ubahan itu, kini siaplah Honda CBR1000RR SP2 untuk merebut mahkota Suzuka 8 Hours kembali. (Afid/nm)

LEAVE A REPLY

*