Yamaha R3 Direcall Lagi Karena Masalah Sepele

0
44
Yamaha r3 direcall lagi karena masalah sepele
Yamaha R3 kembali direcall, tetapi kali ini karena masalah sepele, label yang keliru. Foto: motorcycle.com

NaikMotor – Himbauan untuk perbaikan atau recall suatu produk biasanya akibat adanya masalah yang bisa berakibat fatal. Tetapi kali ini lain, Yamaha R3 direcall lagi karena masalah sepele.

Berdasarkan pemberitahuan Badan Keselamatan Berlalu Lintas Jalan Raya Amerika Serikat atau NHTSA, disebutkan Yamaha akan merecall sebanyak 40 unit YZF-R3 produk 2017 di Amerika Serikat. Pasalnya, ke-40 unit Yamaha R3 itu telah keliru dipasangi label sertifikasi Kanada. Sebaliknya otoritas Kanada pun akan merecall 40 unit R3 yang salah akibat dipasangi label sertifikasi Amerika Serikat.

Sepertinya masalah sepele, karena label Vehicle Identification Number (VIN) untuk masing-masing negara Amerika Utara itu berbeda. Perbedaannya pun hanya sedikit saja, yaitu label VIN Amerika hanya menggunakan bahasa Inggris saja, tetapi label Kanada bilingual, yakni dalam bahasa Inggris dan Perancis.

Walau demikian implikasinya yang akan merepotkan, sebab dipastikan kode pada label VIN yang ditempelkan akan berbeda dengan yang dicetak pada sasis. Ini akan menyebabkan kebingungan pemilik atau malah bisa dicurigai sebagai kendaraan curian jika ada pemeriksaan menyeluruh dari pihak berwenang seperti dalam razia Polisi, misalnya. Atau saat akan melakukan klaim asuransi atau jika akan menjual kembali unit.

Pemecahan masalah Yamaha R3 direcall lagi karena masalah sepele itu mudah, pemilik yang terimbas dipersilahkan menghubungi diler terdekat untuk mengganti dengan label yang benar. (Afid/nm)


LEAVE A REPLY

*