GS Astra Produksi 13 Juta Unit Aki Motor dalam Setahun

0
384
GS Astra Produksi 13 Juta Unit Aki Motor
Ki-ka: Yusak Kristian Direktur PT Astra Otoparts, Lusanti Verani Direktur PT GS Battery, Rio Sanggau Sales and Marketing Division Head PT Astra Otoparts. Foto: Gilang

NaikMotor – PT GS Battery, produsen aki GS Astra produksi 13 juta unit aki motor dalam setahun. Jumlah tersebut merupakan gabungan pasar Original Equipment Manufacturer (OEM), replacement dalam negeri, dan ekspor.

“Tahun lalu GS Astra produksi 13 juta unit aki motor. Untuk OEM (motor baru) kita produksi 400 ribu unit sebulan atau sekitar 5-6 juta per tahun. Sisanya untuk replacement dalam negeri dan ekspor, kata Lusanti Verani, Direktur PT GS Battery.

Untuk pasar OEM kata Vera, aki GS Astra menguasai pangsa pasar lebih dari 60%, sedangkan untuk replacement sekitar 50%. Untuk pasar ekspor, GS Astra menyuplai ke beberapa negara, mulai Argentina, negara-negara Afrika, dan Filipina.

Astra Otoparts: Aki GS Astra Dipalsukan Sudah Sejak 25 Tahun Lalu
Aki GS Astra yang asli selalu ada tulisan distribusi oleh Astra Otoparts

“Kalau persentasenya paling banyak di Filipina, kita ekspor banyak ke sana. Kita juga ekspor ke Amerika Latin dan Afrika di Etiopia,” imbuhnya.

Yusak Kristian, Direktur Astra Otoparts menambahkan, sukses GS Astra membuat produknya banyak dipalsukan. Bahkan aki GS Astra abal-abal sudah dipalsukan sejak 25 tahun silam, hanya saja mulai marak 15 tahun lalu.

Maraknya aki abal-abal kata Yusak karena ketidaktahuan masyarakat membedakan aki asli dan palsu. Konsumen mudah terkecoh karena sama-sama berlogo ‘GS’ bahkan terang-terangan memakai tulisan ‘GS Astra.’

“Cara bedakannya kalau yang ada logo GS dan ‘didistribusikan oleh Astra Otoparts’ itu yang asli. Dimana mau beli yang asli, di toko rekanan kami Shop & Drive GS Astra Solution Center dan atau toko dengan tulisan GS Astra Smart,” katanya.(Agl/NM)

LEAVE A REPLY

*